Tautan-tautan Akses

Kesepakatan Anggaran Hindarkan Penutupan Pemerintah AS


Ketua mayoritas Senat AS Harry Reid (kiri) dan Ketua DPR AS John Boehner mencapai kesepakatan anggaran dengan Presiden Obama, Jumat malam (8/4).

Ketua mayoritas Senat AS Harry Reid (kiri) dan Ketua DPR AS John Boehner mencapai kesepakatan anggaran dengan Presiden Obama, Jumat malam (8/4).

Para pemimpin Kongres AS dan Presiden Obama Jumat malam menyepakati pemotongan anggaran dan menghindari penutupan sementara pemerintah AS.

Para pemimpin Kongres AS dan Presiden Obama hari Jumat malam akhirnya menyepakati pemotongan anggaran federal AS sebesar 38 milyar dolar dan menghindari terjadinya penutupan sementara pemerintah AS.

Presiden Obama memuji kesepakatan itu sebagai pemotongan anggaran fiskal pemerintah terbesar dalam sejarah.

Kesepakatan ini terjadi hanya beberapa saat sebelum tenggat bahwa pemerintah federal Amerika mungkin akan terpaksa tutup karena kehabisan anggaran. Jika sampai terjadi, penutupan sementara itu untuk pertama kalinya dalam 15 tahun terakhir.

Para anggota DPR dan Presiden Barack Obama hari Jumat malam masih terus merundingkan anggaran sementara untuk mendanai operasi pemerintah federal dalam sisa tahun fiskal 2011.

Presiden Obama membahas kebuntuan itu dalam percakapan telepon terpisah hari Jumat dengan pemimpin mayoritas di Senat Harry Reid dan ketua DPR John Boehner. Obama bertemu para pemimpin Kongres Kamis malam, dan hari Jumat menunda jadwal perjalanannya ke negarabagian Indiana.

Jika pimpinan tidak bisa menyetujui rancangan anggaran itu pada Jumat malam ini, banyak layanan pemerintah akan terganggu.

Sekitar 800 ribu dari 1,9 juta pegawai federal akan dirumahkan sementara, dan gaji untuk pasukan tempur akan ditunda sampai anggaran disetujui. Presiden Obama mengatakan penutupan akan merugikan pemulihan ekonomi Amerika.

Jumat pagi, Senator Reid mengatakan para perunding setuju untuk memotong 38 milyar dolar anggaran tahun fiskal yang berakhir bulan September. Tapi ia menuduh fraksi Republik kemudian mengingkari kesepakatan itu.

Senator Reid, dari fraksi Demokrat, mengatakan seluruh anggaran sedang ditahan karena usulan fraksi Republik untuk melarang 300 juta dolar pembelanjaan pemerintah federal bagi kelompok keluarga berencana, Planned Parenthood, yang melakukan aborsi dan menyediakan pelayanan kesehatan.

XS
SM
MD
LG