Tautan-tautan Akses

Kongres AS Setujui Pemotongan Anggaran 38 Miliar Dolar


Ketua DPR AS John Boehner (kiri) bersama beberapa pemimpin Partai Republik di Kongres AS.

Ketua DPR AS John Boehner (kiri) bersama beberapa pemimpin Partai Republik di Kongres AS.

Rancangan undang-undang anggaran itu telah dikirim ke Presiden Amerika Barack Obama untuk disahkan menjadi undang-undang.

Kongres Amerika telah menyetujui RUU yang akan memotong 38 miliar dolar dari anggaran federal untuk sisa tahun anggaran ini yang berakhir 30 September.

Para anggota senat memberikan suara 81 lawan 19 hari Kamis terhadap rancangan itu, segera setelah anggota DPR memberikan suara 260 mendukung dan 167 menentang. Rancangan undang-undang itu telah dikirim ke Presiden Amerika Barack Obama untuk disahkan menjadi undang-undang.

Tanpa persetujuan terhadap RUU itu, pendanaan untuk badan-badan pemerintah Amerika sudah harus berakhir pada tengah malam Jumat lalu.

Undang-undang jangka pendek itu memotong anggaran domestik dan bukan untuk keamanan sebesar 38 miliar dolar – lebih dari yang diinginkan oleh kebanyakan anggota fraksi Demokrat tapi kurang dari yang diinginkan oleh kebanyakan anggota fraksi Republik.

Ketua DPR dari Republik, John Boehner, mengatakan RUU tersebut tidak sempurna, tetapi merupakan awal yang baik dalam proses panjang pemotongan belanja pemerintah federal.

Pemungutan suara hari Kamis itu merupakan langkah pertama dari proses melelahkan untuk mengurangi defisit federal sebesar 1,5 triliun dolar dan memperlambat pertumbuhan utang nasional Amerika sebesar 14 triliun dolar.

XS
SM
MD
LG