Tautan-tautan Akses

Perundingan Anggaran Pemerintah AS Masih Macet, Tenggat Kian Dekat


Ketua mayoritas Senat AS, Senator Harry Reid (kanan) didampingi Ketua DPR John Boehner memberikan keterangan kepada wartawan.

Ketua mayoritas Senat AS, Senator Harry Reid (kanan) didampingi Ketua DPR John Boehner memberikan keterangan kepada wartawan.

Ketua DPR AS John Boehner dari Partai Republik mengatakan kepada wartawan bahwa para perunding belum mencapai persetujuan, tetapi sudah mendekati.

Perdebatan sengit mengenai anggaran belanja Amerika tahun 2011 terus berlangsung hari Jumat, sementara ada kemungkinan pemerintah akan tutup.

Ketua mayoritas Senat Harry Reid mengatakan, para perunding Partai Demokrat dan Republik menyepakati pengurangan sebesar 38 milyar dolar untuk anggaran tahun fiskal yang berakhir bulan September.

Namun Senator Reid menambahkan, perbedaan pendapat mengenai usul Partai Republik melarang dana pemerintah untuk kelompok Planned Parenthood, yang menyediakan layanan aborsi, merintangi tercapainya kompromi.

Ketua DPR AS John Boehner dari Partai Republik mengatakan kepada wartawan bahwa para perunding belum mencapai persetujuan, tetapi sudah mendekati. Ditambahkan, jika kedua partai tidak menyepakati pengurangan anggaran signifikan, itu menandaskan bahwa Washington tidak serius mengenai mengurangi defisit anggaran yang sangat besar. Ia menegaskan, perbedaan pendapat tidak menyangkut pendanaan Planned Parenthood.

Jika para legislator dan Presiden Obama tidak dapat menyetujui anggaran belanja tahun 2011, banyak layanan pemerintah akan terganggu mulai hari Sabtu.

Sekitar 800.000 dari satu juta orang pegawai negeri akan dirumahkan sementara, dan pasukan tempur tidak akan dibayar sampai anggaran disetujui. Presiden Obama telah memperingatkan bahwa penutupan operasional pemerintah akan mengganggu pemulihan ekonomi AS yang sedang berusaha keluar dari resesi.

XS
SM
MD
LG