Tautan-tautan Akses

Kongres AS Capai Kesepakatan soal Anggaran Sementara


Presiden Barack Obama berbicara kepada media setelah tercapainya kesepakatan anggaran sementara, Jumat malam (8/4).

Presiden Barack Obama berbicara kepada media setelah tercapainya kesepakatan anggaran sementara, Jumat malam (8/4).

Senat dan DPR AS menyetujui rancangan pendanaan sementara Jumat malam, yang segera diajukan kepada Presiden Obama untuk ditanda-tangani.

Para anggota Kongres Amerika telah mencapai persetujuan untuk memotong milyaran dolar dari anggaran federal dan menghindarkan penutupan pemerintah beberapa menit sebelum batas-waktu tengah malam waktu Washington.

Presiden Barack Obama mengatakan ada “pemotongan yang memedihkan” dalam mencapai persetujuan itu Jumat malam, yang memotong 38 milyar dolar dari anggaran tahun 2011.

Majelis Senat dan DPR telah menyetujui rancangan pendanaan sementara, yang segera diajukan kepada Presiden untuk ditanda-tangani. Pemungutan suara mengenai anggaran penuh diperkirakan pertengahan minggu depan.

Pemimpin mayoritas atau golongan Republik dalam DPR, John Boehner mengatakan perjuangannya lama dalam mencapai kesepakatan itu, tetapi mengatakan itu penting untuk menurunkan belanja negara yang menciptakan keadaan yang lebih baik untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Pemimpin Senat Harry Reid dari partai Demokrat mengatakan kompromi itu sulit tetapi penting bagi negara. Ia mengatakan rakyat Amerika harus membuat pilihan yang sulit, demikian juga para anggota Kongres.

Sekiranya persetujuan itu tidak tercapai, kira-kira 800 ribu dari seluruhnya sekitar 1,9 juta pengawai negeri federal akan terpaksa dirumahkan, dan gaji pasukan tempur akan ditunda pembayarannya.

XS
SM
MD
LG