Tautan-tautan Akses

Presiden Obama, Kongres AS Gagal Capai Kesepakatan Anggaran


Ketua DPR AS, John Boehner memberikan keterangan pers soal upaya Partai Republik untuk memangkas anggaran dan menciptakan lapangan kerja (1/4).

Ketua DPR AS, John Boehner memberikan keterangan pers soal upaya Partai Republik untuk memangkas anggaran dan menciptakan lapangan kerja (1/4).

Presiden Obama telah bertemu dengan para pemimpin Kongres di Gedung Putih dalam upaya mencegah penutupan kantor-kantor pemerintah AS akhir minggu ini.

Presiden Amerika Barack Obama dan anggota Kongres dari Partai Republik hari Selasa gagal mencapai kesepakatan anggaran 2011, dan presiden Obama mengatakan itu “tidak bisa dimaafkan”.

Presiden Obama telah bertemu dengan para pemimpin Kongres di Gedung Putih dalam upaya mencegah penutupan kantor-kantor pemerintah Amerika akhir minggu ini, jika tidak dicapai kesepakatan anggaran. Ia mengatakan para pemimpin kongres dari Partai Demokrat dan Republik “makin dekat dari sebelumnya” dalam mencapai kesepakatan yang akan mendanai pemerintah sampai akhir tahun anggaran bulan September.

Ia mengatakan para pemimpin Kongres, ketua DPR dari Partai republik John Boehner dan Ketua mayoritas Senat dari partai Demokrat Harry Reid akan bertemu untuk mengusahakan kembali kompromi sehingga mendapat cukup suara untuk disetujui Kongres. Presiden Obama mengatakan jika keduanya tidak mencapai kesepakatan, akan memanggil mereka kembali ke Gedung Putih hari Rabu untuk pembicaraan selanjutnya.

Pemerintah Amerika telah beroperasi dengan enam anggaran sementara sejak bulan Oktober lalu, namun para pemimpin Amerika belum mencapai kesepakatan mengenai pendanaan sisa enam bulan tahun anggaran. Presiden Obama mengatakan “tidak bisa dimaafkan” para pemimpin tidak mampu menyelesaikan “tugas tahun lalu”. Namun ia mengatakan bahwa dalam sebuah kesepakatan “tidak seorangpun mendapat 100 persen apa yang mereka inginkan”.


Presiden Obama mengatakan menolak perpanjangan anggaran jangka pendek, kecuali anggota Kongres mencapai kesepakatan penting dan memerlukan hanya sedikit waktu untuk menyelesaikan anggaran itu.

XS
SM
MD
LG