Tautan-tautan Akses

Obama Tanda Tangani RUU Pengeluaran, Cegah Penghentian Operasi Pemerintah


Presiden Amerika Barack Obama memberikan pernyataannya mengenai kesepakatan anggaran, Jumat malam (8/4).

Presiden Amerika Barack Obama memberikan pernyataannya mengenai kesepakatan anggaran, Jumat malam (8/4).

Penandatanganan RUU memberikan waktu beberapa hari lagi bagi anggota Kongres untuk menyelesaikan anggaran kompromi kegiatan federal sampai akhir tahun ini.

Presiden Amerika Barack Obama telah menandatangani RUU pengeluaran sementara menjadi UU yang membantu mencegah penghentian operasi pemerintah pada malam sebelumnya.

RUU yang ditandatangani, Sabtu, memberikan waktu beberapa hari lagi bagi anggota Kongres untuk menyelesaikan anggaran kompromi yang akan mendanai kegiatan federal sampai akhir tahun fiskal 2011. Setelah berbulan-bulan perdebatan sengit, kesepakatan tersebut memotong 38,5 miliar dolar pengeluaran, dan disepakati kurang dari satu jam sebelum banyak operasi pemerintah akan dihentikan Jumat malam.

Sekarang presiden dan anggota Kongres harus mengalihkan perhatian mereka terhadap hal yang sepertinya akan diperdebatkan juga mengenai batas maksimal utang negara dan anggaran tahun 2012. Kongres sedang menghadapi keputusan tentang apakah meningkatkan pagu utang sebesar 14,3 triliun dolar AS, yang kemungkinan akan dicapai pada tanggal 16 Mei. Kemudian, pada akhir tahun, Gedung Putih dan Kongres akan memperdebatkan rencana pengeluaran pemerintah untuk tahun fiskal 2012 mulai 1 Oktober.

Presiden Obama pada hari Sabtu membuat kejutan kunjungan ke Monumen terkenal Lincoln Memorial, untuk menunjukan fakta bahwa monumen dibuka seperti biasa, seperti halnya tempat wisata lainnya di Washington. Obama menggunakan kunjungannya untuk menyerukan pelaksanaan debat yang lebih santai. Ia mengatakan kompromi pada menit-menit terakhir merupakan bentuk kerjasama masa depan yang ia harapkan dapat tercapai.

XS
SM
MD
LG