Tautan-tautan Akses

Obama akan Ungkap Rencana Kurangi Defisit Anggaran AS


Presiden AS Barack Obama akan menjelaskan rencana untuk mengurangi defisit anggaran Rabu (13/4).

Presiden AS Barack Obama akan menjelaskan rencana untuk mengurangi defisit anggaran Rabu (13/4).

Presiden AS Barack Obama hari Rabu akan menjelaskan bagaimana mengurangi defisit anggaran AS dalam pidato di Universitas George Washington.

Presiden Amerika Barack Obama hari Rabu diperkirakan akan menjelaskan bagaimana ia mengurangi defisit besar anggaran Amerika, sesuatu yang kata Partai Republik harus dilakukan sebelum mereka mengijinkan pemerintah meminjam uang lebih banyak untuk mendanai defisit itu.

Jurubicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan pidato Presiden Obama akan menunjukkan tekad mengurangi defisit melalui usul “berimbang” dan “bipartisan” untuk mengatasi hutang jangka panjang Amerika. Presiden Obama akan menyampaikan pidato itu di Universitas George Washington di Washington.

Penasehat Gedung Putih David Plouffe hari Minggu mengatakan Presiden Obama “sangat tegas” mengenai perlunya memangkas pengeluaran pemerintah, namun ingin memastikan pemangkasan apapun tidak akan merugikan program pendidikan yang membantu warga Amerika bersaing secara ekonomi dengan negara-negara berkembang. Ia juga mengatakan Presiden Obama ingin tetap berinvestasi dalam bidang infrastruktur, riset dan pembangunan.

Partai republik yang menguasai DPR mengatakan Presiden Obama harus sepakat dengan pemangkasan anggaran jangka panjang sebagai imbalan atas dukungan mereka untuk upaya menaikkan batas pinjaman pemerintah untuk mendanai defisit anggaran di masa depan.

Ketua DPR John Boehner sebelumnya mengatakan DPR tidak akan menyetujui kenaikan pagu hutang kecuali pemangkasan pengeluaran disertakan dalam upaya itu. Pemerintah Amerika diperkirakan akan mencapai pagu hutang yang ditetapkan Kongres dalam beberapa minggu mendatang dan hanya bisa meminjam di atas batas tersebut dengan persetujuan DPR.

Kegagalan dalam menaikkan batas hutang akan mengakibatkan Amerika gagal membayar bunga pinjaman. Sebagian besar pemberi hutang adalah pemerintah asing seperti Tiongkok.

XS
SM
MD
LG