Tautan-tautan Akses

Perselisihan Belanja Pemerintah akan Jadi Topik Debat Terpenting di AS


Presiden Barack Obama dan DPR AS yang didominasi Partai Republik diperkirakan akan terus bersengketa soal pengeluaran pemerintah.

Presiden Barack Obama dan DPR AS yang didominasi Partai Republik diperkirakan akan terus bersengketa soal pengeluaran pemerintah.

Setelah kesepakatan anggaran sementara Jumat malam, Kongres AS akan memperdebatkan isu mengenai kenaikan pagu utang pemerintah.

Dengan dihindarinya ancaman penutupan kegiatan pemerintah Amerika, Presiden Barack Obama dan politisi memalingkan perhatian kepada apa yang tampaknya akan menjadi debat seru tentang pagu utang dan anggaran tahun 2012.

Banyak pejabat di Washington mengatakan, debat politik selama berbulan-bulan tentang anggaran belanja 2011 yang berakhir hari Jumat malam merupakan awal dari pertikaian dalam enam bulan mendatang.

Presiden Obama dan politisi mencapai suatu kesepakatan atas anggaran tahun ini hanya beberapa jam menjelang dihentikannya banyak operasi pemerintah.

Presiden melakukan kunjungan mendadak hari Sabtu ke Tugu Peringatan Lincoln yang diserbu wisatawan untuk menunjukkan fakta tugu itu beroperasi seperti biasa, seperti halnya tempat-tempat wisata lain di Washington.

Presiden Obama menggunakan kunjungannya untuk menyerukan suatu debat lebih santai tentang anggaran. Obama mengatakan, "kompromi pada menit-menit terakhir, merupakan bentuk kerjasama masa depan yang saya harapkan bisa kita capai.”

Namun, debat pengeluaran yang luas berikutnya akan segera terjadi, dimana Kongres menghadapi keputusan apakah akan menaikkan pagu utang atau tidak.

Departemen Keuangan Amerika meminjam uang untuk membiayai operasi pemerintah dan membayar utang-utang negara yang tampaknya akan mencapai jumlah maksimum 14.3 triliun tanggal 16 Mei. Lalu, akhir tahun ini, Gedung Putih dan Kongres akan memperdebatkan rencana pengeluaran pemerintah untuk tahun fiskal 2012 yang dimulai 1 Oktober.

XS
SM
MD
LG