Tautan-tautan Akses

Para Kontestan Capres Partai Republik Beralih ke New Hampshire


Kandidat calon presiden partai Republik, mantan gubernur Massachusetts, Mitt Romney bersama istrinya, Ann di Des Moines, Iowa (3/1).

Kandidat calon presiden partai Republik, mantan gubernur Massachusetts, Mitt Romney bersama istrinya, Ann di Des Moines, Iowa (3/1).

Setelah pemungutan suara di Iowa, fokus kampanye kontestan calon presiden Amerika akan bergeser ke negara bagian berikut yang menyelenggarakan pemilihan kontestan, yaitu negara bagian New Hampshire, bagian timur laut Amerika Serikat.

Hasil survei atau poll menunjukkan bahwa mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney sedang unggul besar di antara kontestan dari partai Republik pada pemilihan tanggal 10 Januari nanti, dengan lebih dari 40 persen dukungan, rata-rata 22 persen di atas penantang terdekatnya, anggota DPR Amerika Ron Paul dari Texas.

Mantan ketua DPR Newt Gingrich di tempat kedua. Mantan gubernur Utah Jon Huntsman, yang juga bekas dutabesar Presiden Barack Obama untuk Tiongkok, berkampanye di New Hampshire dan tidak berkampanye di Iowa. Ia menduduki tempat ke-4 dalam poll tadi.

Gubernur Texas Rick Perry dan anggota DPR Amerika Michele Bachman berencana melangkahi New Hampshire dan akan memusatkan perhatian pada South Carolina, negara bagian selatan yang mengadakan pemilihan pendahuluan tanggal 21 Januari. Poll menunjukkan pendukung mereka di New Hampshire sangat rendah.

Setelah New Hampshire dan South Carolina, negara bagian berikut mengadakan pemungutan suara adalah Florida tanggal 31 Januari dan Nevada tanggal 4 Februari.

Dan awal Maret, jumlah negara bagian yang menyelenggarakan pemungutan suara pada hari yang disebut “Super Tuesday” akan mengurangi lebih jauh jumlah kontestan.

XS
SM
MD
LG