Tautan-tautan Akses

Partai Republik Amerika Gelar Debat Kontestan Capres


Debat Kandidat Capres Partai Republik Amerika, New Hampshire (8/1).

Debat Kandidat Capres Partai Republik Amerika, New Hampshire (8/1).

Dua hari sebelum pemilihan pendahuluan pertama di Amerika Serikat, enam kontestan utama calon presiden dari partai Republik berkumpul hari Minggu untuk mengadakan perdebatan kedua.

Semua kontestan berusaha menunjukkan bukti aliran konservatif sejati mereka, yang berlawanan dengan Presiden Barack Obama yang lebih liberal. Dalam perdebatan hari Minggu di negara bagian New Hampshire, bagian timur laut Amerika, dimana pemilihan pendahuluan besok diadakan, konservatisme mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney dipertanyakan.

Mantan ketua DPR Newt Gigrich menyebut Romney seorang moderat yang malu mengaku, dan bukan konservatif sejati, dan menambahkan bahwa Romney akan sangat sulit terpilih.

Dalam perdebatan hari Minggu, Romney membela prestasi konservatifnya, ketika menyerukan pemotongan anggaran dan bukan menaikkan pajak, sebagaimana katanya didesak Presiden Obama. Romney menyatakan lagi tema yang biasa partai Republik.

Romney tetap diperkirakan sebagai pemenang di New Hampshire, sehingga perhatian tertuju pada siapa yang kemungkinan nomor dua. Anggota Kongres dari Texas Ron Paul dan mantan Senator dari Pennsyvania Rick Santorum dipandang akan berebut nomor dua. Romney menang tipis dari Santorum dalam pemungutan suara pekan lalu di Iowa.

Romney dalam beberapa bulan ini telah mendapat kecaman atas karir sebelumnya dalam mengelola perusahaan investasi, dimana ia berpenghasilan jutaan dolar. Banyak orang mengatakan perusahaan itu memberhentikan ratusan pegawai dari perusahaan-perusahaan yang dibelinya, sementara menghasilkan banyak uang pagi para penanam modal.

Banyak perdebatan politik sebelum pemilihan pendahuluan di New Hampshire telah dipusatkan pada kebutuhan menciptakan pekerjaan untuk mengurangi pengangguran.

XS
SM
MD
LG