Tautan-tautan Akses

2 Kontestan Capres Terkuat Partai Republik Kecam Presiden Obama


Tiga kontestan terkuat dari hasil kaukus di Iowa, dari kiri: Mitt Romney, Rick Santorum (membelakangi kamera) dan Ron Paul dalam acara debat di Dartmouth College, New Hampshire.

Tiga kontestan terkuat dari hasil kaukus di Iowa, dari kiri: Mitt Romney, Rick Santorum (membelakangi kamera) dan Ron Paul dalam acara debat di Dartmouth College, New Hampshire.

Mitt Romney dan Rick Santorum menuduh Obama mengalihkan AS untuk menjauhi tradisi bergantung pada diri-sendiri dan kebebasan berusaha.

Sementara para kontestan calon presiden Amerika dari partai Republik berdatangan ke negara bagian New Hampshire, bagian timur laut Amerika Serikat, kedua kontestan terkuat mengalihkan kecaman-kecaman mereka terhadap Presiden Barack Obama.

Dalam kampanyenya hari Kamis, mantan Gubernur Massachusetts, Mitt Romney dan mantan Senator yang mewakili Pennsylvania Rick Santorum menuduh Presiden Obama mengalihkan Amerika Serikat, untuk menjauhi tradisi bergantung pada diri-sendiri dan kebebasan berusaha.

Dalam pidato kampanye hari Kamis, mantan senator Rick Santorum dari Pennsylvania mengatakan, reformasi layanan kesehatan yang diusung (dijagokan) Presiden Obama menunjukkan Obama tidak mempercayai orang Amerika bisa mengurus diri sendiri.

Santorum mengatakan, "Mengapa? Mereka tidak percaya anda dapat mengurus layanan kesehatan anda sendiri. Tidak, kami perlu menyediakannya untuk tiap orang. Jangan sampai ada yang mendapat layanan kesehatan lebih baik dari yang lainnya. Tidak boleh, layanan itu harus sama. Apakah ini yang disebut Amerika? Persamaan dalam layanan? Apakah itu sebabnya kita membangun negara terbesar di dunia ini? Tidak, itulah yang menghancurkan sebagian besar negara di dunia."

Di lain bagian, dalam pidato kampanye di negarabagian South Carolina mantan Gubernur Mitt Romney menuduh presiden melakukan bersikap diskriminatif (pilih kasih) dan hanya menguntungkan teman-temannya, serta tidak membiarkan setiap orang memperoleh kesempatan berdasarkan kemampuannya masing-masing.

Romney mengatakan, "Presiden Obama tidak memahami bagaimana ekonomi Amerika bekerja. Ia tidak menghargai kekuatan dan keampuhan ekonomi bebas. Ia pikir dengan mengutamakan kawan-kawannya ia dapat membuat Amerika bertambah kuat. Ia membuat ekonomi Amerika semakin lemah, dan ini akan berhenti apabila Obama tidak lagi presiden."

Santorum kalah hanya dengan selisih 8 suara terhadap Romney dalam pemungutan suara di Iowa hari Selasa, pemilihan kontestan yang pertama untuk pemilihan presiden tahun 2012. Dengan di luar dugaan, Santorum memperoleh dukungan yang kuat, yang meluncurkannya kedepan perlombaan tersebut.

Tantangan berikut bagi ke-6 kontestan yang masih bersaing, adalah pemilihan pendahuluan tanggal 10 Januari di New Hampshire, negara bagian dimana Romney mempunyai keunggulan besar, dan satu lagi pemilihan pendahuluan minggu berikutnya di South Carolina.

XS
SM
MD
LG