Tautan-tautan Akses

Michele Bachmann Mundur dari Kompetisi Capres Partai Republik


Michele Bachmann memutuskan mundur dari kampanye untuk Capres Partai Republik (4/1).

Michele Bachmann memutuskan mundur dari kampanye untuk Capres Partai Republik (4/1).

Michele Bachmann mengundurkan diri dari kampanye untuk menjadi calon presiden dari Partai Republik, setelah memperoleh hasil buruk dalam kontes nominasi yang pertama di Iowa.

Michele Bachman, seorang anggota Kongres dari Minnesota, mengakhiri kampanyenya untuk menjadi calon dalam pemilihan presiden mendatang, beberapa jam setelah diumumkannya ia berada di nomor ke-6 dalam kaukus Partai Republik di Iowa hari Selasa.

Mitt Romney, mantan gubernur Massachusetts, memenangkan kaukus partai Republik, setelah dengan suara tipis mengalahkan Rick Santorum, seorang konservatif dalam kontes penyeleksian pertama menuju pemilihan presiden 2012.

Hasil-hasil perolehan suara dalam kaukus itu besar kemungkinan tidak akan menjamin ada di antara kedua pemenang tadi yang kelak menjadi calon presiden dari Partai Republik. Tetapi kaukus di Iowa itu bisa membuat calon-calon yang lemah tidak meneruskan kampanye mereka, atau mengarahkan calon-calon kuat lainnya menuju keberhasilan di berbagai negara-bagian lain dalam beberapa pekan mendatang.

Michele Bachman menjadi kandidat pertama yang mundur tahun ini dari kampanye untuk menjadi calon presiden Partai Republik pada pemilu bulan November mendatang. Ia mengumumkan pengunduran dirinya karena berada di nomor 6 pada kaukus di Iowa itu.

“Tadi malam, warga Iowa telah mengemukakan dengan suara jelas, oleh karena itu saya memutuskan untuk mundur, dan saya percaya jika kita ingin membatalkan Obamacare, memutar balik haluan negara kita dan menguasai kembali negara kita, kita harus berbuat demikian secara bersatu. Dan saya percaya kita harus mendukung orang yang diseleksi oleh negara kita, partai kita dan bangsa kita sebagai pemimpin,” ujar Bachman.

Kandidat lainnya yang tidak mendapat dukungan banyak adalah gubernur Texas Rick Perry. Pada pidatonya Selasa malam ia mengatakan ia akan pulang untuk mempertimbangkan kembali apakah akan meneruskan kampanyenya untuk menjadi calon presiden dari partai Republik. Gubernur Perry berada di nomor 5 dengan perolehan suara 10 persen di belakang mantan ketua DPR Newt Gingrich.

Perry mengatakan, “Saya memutuskan untuk kembali ke Texas, meng evaluasi hasil kaukus kemarin, dan mempertimbangkan apakah ada arah ke depan bagi saya dalam kampanye ini.“

Mantan ketua DPR Newt Gingrich berada di nomor empat dengan memperoleh 13 persen suara. Setelah diumumkannya hasil kaukus itu ia mengatakan ia akan maju terus dengan kampanyenya.

Sementara mantan dutabesar Amerika John Huntsman berada di nomor terakhir dengan perolehan suara 1 persen. Huntsman tidak berkampanye di Iowa. Ia berharap akan memperoleh dukungan besar dalam primary di negarabagian New Hampshire tanggal 10 Januari.

Tetapi, Ron Paul, kandidat yang anti-perang memperoleh 21 persen suara pada kaukus Partai Republik itu dan tegas-tegas mengatakan kampanyenya akan terus dilanjutkan ke negara-negara bagian lainnya.

“Jadi, malam ini kita keluar dari pemilu dan pada hakekatnya dengan tiga pemenang, tiga pemenang suara terbanyak. Dan kita kita akan maju terus, kita akan mengumpulkan dana yang diperlukan,” kata Ron Paul.

Ketiga pemenang yang dimaksudkan Ron Paul adalah Mitt Romney, Rick Santorum dan dia sendiri. Dalam kampanyenya Ron Paul mengimbau pemangkasan anggaran pemerintah federal dan ia menentang invensi militer di luar negeri.

XS
SM
MD
LG