Tautan-tautan Akses

Romney Menang Tipis di Iowa


Hasil akhir pemilu capres Partai Republik Amerika, Kaukus Iowa, 3 Januari 2011 (3/1).

Hasil akhir pemilu capres Partai Republik Amerika, Kaukus Iowa, 3 Januari 2011 (3/1).

Mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney menang dalam pemungutan suara partai Republik di Iowa, mengalahkan Rick Santorum yang konservatif dalam pemilihan kontestan calon presiden yang pertama untuk pemilihan presiden tahun 2012.

Seorang pejabat partai Republik mengumumkan hari Rabu bahwa Romney mengalahkan calon favorit baru-baru ini, Santorum, dengan selisih hanya delapan suara, yang menjadikan ini persaingan paling ketat dalam sejarah pemungutan suara di Iowa. Romney memperoleh 30.015 suara dan Santorum memperoleh 30.007 suara.

Penganjur anti-perang Ron Paul berada pada tempat ketiga dengan perolehan suara 21 persen.

Menjelang keluarnya hasil akhir Rabu pagi, Romney menyampaikan ucapan selamat kepada saingan utamanya, Santorum, dan mengucapkan terima kasih kepada pemilih Iowa karena memberi dirinya dan saingannya kesempatan untuk memulihkan hati dan jiwa bangsa.

Dalam pidato dari ibukota Iowa, Des Moines, Romney menceritakan pengalamannya dalam bisnis dan kegagalan usaha Presiden AS Barack Obama untuk menciptakan lapangan pekerjaan untuk rakyat Amerika.

Partai Demokrat juga mengadakan rapat umum partai atau caucus. Presiden Barack Obama tidak mempunyai saingan untuk mendapatkan pencalonan partai tetapi mengadakan pembicaraan dengan para pendukung melalui Internet Selasa malam. Ia menghadapi ujian yang sulit untuk memenangkan satu masa jabatan lagi dalam pemilu bulan November nanti.

Ekonomi Amerika hanya pulih dengan sangat lamban dari resesi tahun 2007-2009, dan menyebabkan banyak para pemilih mempertanyakan kepemimpinannya.

XS
SM
MD
LG