Tautan-tautan Akses

Rick Santorum, Mitt Romney Memimpin dalam Kaukus Iowa


Mantan Senator AS dari negarabagian Pennsylvania, Rick Santorum (tengah) tampil mengejutkan dalam kaukus di Iowa dengan mengungguli kandidat partai Republik lainnya (foto: dok).

Mantan Senator AS dari negarabagian Pennsylvania, Rick Santorum (tengah) tampil mengejutkan dalam kaukus di Iowa dengan mengungguli kandidat partai Republik lainnya (foto: dok).

Dengan sekitar 96 persen suara yang telah dihitung, Rick Santorum dan Mitt Romney memperoleh suara hampir sama dengan 24,6 persen.

Mantan Senator yang beraliran 'sosial konservatif' Rick Santorum, dan mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney, serta advokat anti-perang Ron Paul, bersaing ketat dalam pemungutan suara kaukus di negara bagian Iowa, dalam kontes nominasi pertama dari pemilihan presiden 2012.

Dengan sekitar 96 persen suara yang telah dihitung, Rick Santorum dan Mitt Romney memperoleh suara hampir sama dengan 24,6 persen, sementara Ron Paul membuntuti di belakang dengan perolehan sekitar 21,3 persen. Santorum sementara unggul tipis atas Romney hanya dengan selisih kurang dari 100 suara.

Para kandidat partai Republik telah mati-matian melakukan kampanye di negarabagian Iowa, di mana warga setempat harus menerjang cuaca dingin untuk memberikan suara mereka pada pertemuan-pertemuan kaukus partai Republik yang diselenggarakan hari Selasa malam.

Partai Demokrat juga mengadakan kaukus di Iowa Selasa malam. Presiden Barack Obama yang sudah pasti menjadi nominasi partai Demokrat untuk pilpres November 2012, mengadakan telekonferensi langsung dengan para pendukungnya di Iowa lewat website.

Obama diperkirakan menghadapi ujian yang sulit untuk memenangkan masa jabatan keduanya dalam pemilihan November mendatang. Perekonomian Amerika belum sepenuhnya bisa pulih dari resesi ekonomi 2007-2009, sehingga banyak pemilih Amerika mempertanyakan kepemimpinan Obama.

Pemungutan suara dalam kaukus di Iowa memang tidak akan serta-merta memastikan nominasi calon presiden, baik untuk Partai Republik maupun partai Demokrat. Namun, kaukus di Iowa dapat mendorong para kandidat yang kurang mendapatkan dukungan untuk mengundurkan diri dari kompetisi, atau memilih untuk memberikan dukungan bagi kandidat lainnya yang mempunyai dukungan yang kuat.


XS
SM
MD
LG