Tautan-tautan Akses

Kunjungan Menhan Gates Pertanda Membaiknya Hubungan AS-Tiongkok


Menhan AS Robert Gates berjabat tangan dengan Presiden Tiongkok Hu Jintao dalam kunjungan di Beijing, 11 Januari 2011.

Menhan AS Robert Gates berjabat tangan dengan Presiden Tiongkok Hu Jintao dalam kunjungan di Beijing, 11 Januari 2011.

Gates bertemu sebelumnya hari Selasa dengan Menteri Luar Negeri Yang Jiechi, yang baru saja kembali dari kunjungan di Amerika Serikat.

Para pejabat senior Amerika dan Tiongkok mengelu-elukan hubungan yang menghangat antara negara-negara mereka hari Selasa menjelang pertemuan antara Presiden Hu Jintao dan Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates yang sedang berkunjung.

Gates bertemu sebelumnya hari Selasa dengan Menteri Luar Negeri Yang Jiechi, yang baru saja kembali dari kunjungan di Amerika Serikat. Yang berada di Amerika untuk mempersiapkan kunjungan kenegaraan Hu pekan depan.

Gates mengatakan kepada para wartawan yang meliput pertemuannya dengan Yang bahwa Amerika yakin kunjungan kenegaraan tersebut “akan menjadi langkah besar ke depan dalam hubungan Amerika-Tiongkok.” Yang mengatakan kedatangan Gates di Tiongkok “memperlihatkan bahwa hubungan secara keseluruhan kedua negara sedang membaik.”

Gates mulanya berencana mengunjungi Tiongkok bulan Juni tahun lalu, tetapi undangan itu ditarik sebagai protes terhadap penjualan senjata Amerika kepada Taiwan. Tujuan utama kunjungannya sekarang adalah untuk memulihkan kontak langsung militer-ke-militer, yang juga putus setelah penjualan senjata bulan Januari 2010 itu.***

XS
SM
MD
LG