Tautan-tautan Akses

Presiden Tiongkok akan Pidato tentang Hubungan Tiongkok-AS


Menhan AS Robert Gates (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Tiongkok Hu Jintao di Beijing, Selasa, 11 Januari 2011.

Menhan AS Robert Gates (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Tiongkok Hu Jintao di Beijing, Selasa, 11 Januari 2011.

Presiden Hu Jintao akan menyampaikan pidato mengenai hubungan Tiongkok-AS dan pembangunan ekonomi Tiongkok dalam kunjungannya ke AS.

Presiden Hu Jintao akan memberi pidato penting mengenai hubungan Amerika-Tiongkok dalam kunjungan kenegaraannya di Amerika Serikat pekan depan.

Demikian menurut keterangan pers dari Asisten Menteri Luar Negeri Tiongkok Cui Tiankai pada hari Rabu, yang mengatakan pidato tersebut juga akan menanggapi anggapan Amerika Serikat dan masyarakat internasional mengenai pembangunan damai Tiongkok. Ia mengatakan tanggal dan tempat yang pasti bagi pidato pidato tersebut belum ditetapkan.

Cui mengatakan masalah ekonomi akan dibicarakan dalam pertemuan Hu dengan Presiden Amerika Barack Obama pada tanggal 19 Januari. Amerika Serikat sedang mendesak Tiongkok agar membiarkan nilai mata uangnya meningkat dengan lebih cepat, tetapi Cui mengemukakan bahwa Tiongkok juga mempunyai keprihatinan akan keamanan asetnya di Amerika Serikat.

Ia mengatakan kedua Presiden akan merundingkan cara meningkatkan pemulihan ekonomi dunia yang berimbang dan mampu bertahan.

XS
SM
MD
LG