Tautan-tautan Akses

Menhan Gates: Presiden Tiongkok Pegang Kendali Militer


Menteri Pertahanan AS, Robert Gates saat bertemu Presiden Hu Jintao di Beijing, 11 Januari 2011.

Menteri Pertahanan AS, Robert Gates saat bertemu Presiden Hu Jintao di Beijing, 11 Januari 2011.

Namun, Robert Gates mengatakan program modernisasi militer Tiongkok tidak transparan dan memprihatinkan negara tetangganya.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan ia tidak meragukan bahwa Presiden Tiongkok Hu Jintao menguasai militer, walaupun ada “kekurangan komunikasi” antara militer Tiongkok dan para pemimpin sipil.

Berbicara kepada para mahasiswa di Tokyo hari Jumat, Gates mengatakan ada indikasi yang jelas para pemimpin Tiongkok tidak mengetahui bahwa militer menguji-coba pesawat tempur pekan ini yang mampu menghindarkan deteksi radar. Tetapi, ia mengatakan Presiden Hu Jintao mengendalikan militer negaranya.

Gates menggambarkan program modernisasi militer Tiongkok tidak transparan dan memprihatinkan negara-negara tetangganya. Ia mengatakan inilah sebabnya Amerika perlu mengadakan dialog yang sehat dengan Tiongkok. Gates sebelumnya bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Naoto Kan.

Ia tidak meminta Jepang untuk memegang peranan militer yang lebih besar di kawasan itu – yang akan melanggar undang-undang dasar negara itu.

Tetapi, ia mengatakan Washington dan Tokyo harus meninjau “penempatan pasukan” mereka untuk menanggapi agresi Tiongkok yang meningkat dan kemungkinan ancaman dari Korea Utara.

XS
SM
MD
LG