Tautan-tautan Akses

Menhan AS Dorong Beijing Pererat Hubungan Militer AS-Tiongkok


Menhan AS Robert Gates saat tiba di bandara internasional Beijing, Minggu 9 Januari 2010.

Menhan AS Robert Gates saat tiba di bandara internasional Beijing, Minggu 9 Januari 2010.

Robert Gates berada di Beijing untuk meyakinkan militer Tiongkok supaya membuka jaringan komunikasi yang stabil dengan Amerika.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates tiba di Beijing untuk kunjungan tiga hari guna memperkuat hubungan antar-militer antara kedua negara.

Gates dilaporkan akan berusaha sekali lagi untuk meyakinkan militer Tiongkok supaya membuka jaringan komunikasi yang stabil dengan Amerika untuk mencegah kesalah-pahaman yang bisa memicu konfrontasi.

Kata Gates kepada wartawan kemarin, ia prihatin atas persenjataan Tiongkok yang paling mutakhir. Tiongkok, katanya, agaknya telah mendapat kemajuan besar dalam membangun pesawat silumannya yang pertama. Gates juga menyebut, kemajuan militer Tiongkok dalam membangun sistem peluru kendali anti-kapal, suatu hal yang mencemaskan.

Kata Gates lagi, Tiongkok jelas punya kemampuan untuk menantang kekuatan militer Amerika dan Amerika harus memperhatikan hal ini serta menanggapinya dengan programnya sendiri.

Angkatan bersenjata Tiongkok memulihkan hubungan terbatas dengan angkatan bersenjata Amerika tahun lalu, setelah memutuskan hubungan itu karena Amerika menjual senjata bernilai miliaran dolar kepada Taiwan.

XS
SM
MD
LG