Tautan-tautan Akses

AS-Tiongkok Siap Tandatangani Berbagai Perjanjian Dagang


Presiden Amerika Barack Obama dan Presiden Tiongkok Hu Jintao akan bertemu pekan ini di Washington.

Presiden Amerika Barack Obama dan Presiden Tiongkok Hu Jintao akan bertemu pekan ini di Washington.

Salah satu isu paling signifikan yang akan diangkat adalah surplus perdagangan Tiongkok dengan Amerika yang amat besar.

Amerika dan Tiongkok kemungkinan besar akan menandatangani berbagai perjanjian dagang sewaktu Presiden Amerika Barack Obama dan Presiden Tiongkok Hu Jintao bertemu pekan ini di Washington.

Para pemimpin dua perekonomian terbesar di dunia ini kemungkinan juga akan membahas beragam isu keuangan, tetapi salah satu yang paling signifikan adalah surplus perdagangan Tiongkok dengan Amerika yang amat besar. Sewaktu data terakhir dikumpulkan pada tahun 2010, Tiongkok tampaknya meraih surplus 270 miliar dolar untuk tahun itu.

Menjelang kunjungan Hu ke Gedung Putih hari Selasa, dan selanjutnya ke Chicago, belum diketahui berapa banyak perjanjian yang akan ditandatangani maupun nilai perjanjian itu. Tetapi para tokoh bisnis dan pemerintah mengatakan dalam beberapa hari belakangan bahwa kedua pemimpin tampaknya akan menyetujui beragam perjanjian.

Kesepakatan itu akan mencakup penjualan pesawat, suku cadang, produk pertanian dan daging sapi Amerika ke Tiongkok. Perjanjian perdagangan juga mungkin dicapai mengenai pengembangan berbagai jenis energi yang dapat diperbarui, bahan bakar ramah lingkungan dan teknologi batu bara bersih.

XS
SM
MD
LG