Tautan-tautan Akses

Nuklir dan Misil Korut Dominasi Pembicaraan Menhan AS-Jepang

  • Ridi Djakakusuma

Menteri Pertahanan AS Robert Gates mengheningkan cipta usai meletakkan karangan bunga di sebuah memorial di Tokyo, Kamis, 13 Januari 2011.

Menteri Pertahanan AS Robert Gates mengheningkan cipta usai meletakkan karangan bunga di sebuah memorial di Tokyo, Kamis, 13 Januari 2011.

Menhan AS Robert Gates menyerukan lagi agar Korea Utara mengambil langkah konkrit dalam menunjukkan kesungguhannya menghentikan program nuklir

Program nuklir dan misil Korea Utara mendominasi pembicaraan pada hari Kamis antara Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates dan para pejabat tinggi Jepang di Tokyo.

Gates menyerukan lagi agar Korea Utara mengambil langkah yang konkrit dalam menunjukkan kesungguhannya menghentikan program nuklir setelah pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Jepang Seiji Maehara.

Sehari sebelumnya di Tiongkok, Gates mengatakan kalau Korea Utara sungguh-sungguh mengenai usulnya untuk melanjutkan perundingan enam pihak, Korea Utara dapat menunjukkan kesungguhannya dengan menyatakan penangguhan kedua program senjatanya.

Gates juga mengadakan pertemuan di Tokyo dengan Perdana Menteri Naoto Kan dan Menteri Pertahanan Toshimi Kitazawa. Kitazawa berada di Korea Selatan sebelumnya pekan ini untuk mengusahakan kemajuan dalam perjanjian kerjasama pertahanan yang pertama antara Jepang dan Korea Selatan sejak kekuasaan penjajahan Jepang berakhir di Korea tahun 1945.

XS
SM
MD
LG