Tautan-tautan Akses

Gates Optimis Hubungan AS-Tiongkok akan Lebih Harmonis


Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates (kiri) bertemu dengan Presiden Tiongkok Hu Jintao di Beijing, Selasa, 11 Januari 2011.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates (kiri) bertemu dengan Presiden Tiongkok Hu Jintao di Beijing, Selasa, 11 Januari 2011.

Menhan AS Robert Gates puas hasil kunjungannya ke Tiongkok, yang dimaksudkan untuk memulihkan kontak langsung antara kubu militer kedua negara

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan dirinya mendapati para pemimpin sipil dan militer siap untuk membawa hubungan Amerika-Tiongkok ke tingkat berikutnya. Demikian menurut Gates yang baru saja merampungkan kunjungan empat harinya di Tiongkok

Pada hari kunjungan terakhirnya hari ini, Gates berkunjung ke Pusat Komando Nuklir Tiongkok dan Tembok Besar di sebelah utara Beijing. Gates akan bertolak ke Jepang hari ini juga dan akan mengunjungi Korea Selatan hari Jumat.

Gates mengatakan ia mampu berbicara dengan terus terang dengan para komandan di markas besar peperangan nuklir tersebut, termasuk saat berbicara mengenai strategi nuklir Tiongkok. Gates mengatakan komandan sarana di Qinghe, di luar Beijing, telah menerima undangan untuk berkunjung ke markas besar Komando Strategis Amerika Serikat di negara bagian Nebraska, Amerika.

Gates mengatakan kepuasannya dengan hasil kunjungannya, yang dimaksudkan untuk memulihkan kontak langsung antara kubu militer kedua negara dengan tujuan untuk menghindari kesalahpahaman dan miskalkulasi. Gates mengatakan dirinya yakin pertemuan-pertemuannya telah melapangkan jalan untuk membawa hubungan militer-ke-militer ke tingkat yang baik.

XS
SM
MD
LG