Tautan-tautan Akses

Gates: AS Ingin Cegah Konflik Lebih Lanjut di Semenanjung Korea


Menteri Pertahanan AS Robert Gates mengunjungi Tembok Besar dalam kunjungannya ke Tiongkok, Rabu, 12 Januari 2011.

Menteri Pertahanan AS Robert Gates mengunjungi Tembok Besar dalam kunjungannya ke Tiongkok, Rabu, 12 Januari 2011.

Walaupun setiap negara memiliki hak untuk membela diri, Menhan AS Robert Gates mengatakan Amerika ingin mencegah provokasi lebih lanjut.

Menteri Pertahanan Amerika mengatakan Korea Selatan mempunyai hak untuk membalas serangan baru Korea Utara, tetapi bahwa AS berusaha memastikan hal itu tidak perlu dilakukan.

Robert Gates mengatakan demikian setelah pertemuan pada hari Kamis dengan para pejabat tinggi di Jepang, persinggahan kedua dalam kunjungannya selama tiga hari di Asia. Gates akan mengunjungi Seoul pada hari Jumat.

Ketika ditanya apakah Amerika akan menentang serangan udara Korea Selatan ke Utara, Gates mengatakan setiap negara mempunyai hak untuk “membela diri terhadap serangan yang tidak diprovokasi.” Tetapi, Gates mengatakan, fokus pembicaraannya pekan ini di Tiongkok dan Jepang adalah “mencegah terjadi lagi provokasi.”

Amerika telah mendesak Jepang untuk memainkan peran yang lebih besar dalam pertahanan Korea Selatan setelah Korea Utara melakukan serangan artileri maut terhadap pulau Yeonpyeong, Korea Selatan, bulan November lalu. Menteri Pertahanan Jepang Toshimi Kitazawa berada di Seoul pekan ini untuk membicarakan persetujuan kerjasama militer Jepang-Korea Selatan, yang pertama antara kedua negara sejak kekuasaan penjajahan Jepang berakhir tahun 1945.

XS
SM
MD
LG