Tautan-tautan Akses

Foto Tunjukkan Tiongkok Punya Pesawat Tempur Siluman


Pesawat siluman Tiongkok, J-20 "Black Eagle".

Pesawat siluman Tiongkok, J-20 "Black Eagle".

Foto-foto yang bocor di sebuah majalah, diambil ketika pesawat siluman Tiongkok sedang menjalani percobaan meluncur di landasan pacu sebuah lapangan terbang di Chengdu.

Situs-situs mengenai pertahanan di seluruh dunia memuat foto-foto yang dibocorkan dari apa yang disebut sebagai pesawat tempur siluman baru Tiongkok.

Majalah Aviation Week yang berbasis di Amerika mengatakan foto-foto tersebut diambil pekan lalu ketika pesawat itu sedang menjalani percobaan meluncur di landasan pacu sebuah lapangan terbang di Chengdu.

Aviation Week mengatakan tidak ada pengamanan ketat atas percobaan tersebut, yang memberi indikasi bahwa para pejabat Tiongkok tidak kecewa atas pembocoran berita tersebut. Sebuah artikel mengenai pesawat itu, yang dinamakan J-20, muncul pada hari Selasa dalam surat kabar Global Times Tiongkok, yang dikelola oleh Partai Komunis yang berkuasa.

Para pejabat militer Tiongkok pernah mengatakan mereka berencana memiliki pesawat siluman yang terbang sebelum tahun 2011 dan bahwa pesawat tersebut akan dapat beroperasi sebelum tahun 2017. Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates, yang akan berkunjung ke Tiongkok pekan depan, mengatakan pada waktu itu ia tidak yakin hal tersebut dapat tercapai sebelum tahun 2020.

Pesawat dalam foto mirip dengan pesawat siluman Amerika F-22, yang dirancang untuk dapat lolos dengan tidak terdeteksi radar dan alat lain. Aviation Week mengatakan pesawat siluman Tiongkok lebih besar dari pada yang diperkirakan para pakar, yang memberi indikasi pesawat itu dirancang untuk penerbangan jarak jauh dan bermuatan senjata yang berat.

XS
SM
MD
LG