Tautan-tautan Akses

Amerika: Ketidakhadiran Pakistan pada Konferensi Afghanistan Patut Disayangkan


Dubes Amerika untuk Afghanistan, Ryan Crocker (foto: dok).

Dubes Amerika untuk Afghanistan, Ryan Crocker (foto: dok).

Menurut Duta Besar Amerika untuk Afghanistan Ryan Crocker ketidakhadiran Pakistan dalam konferensi internasional di Bonn, Jerman, tidak akan menghambat kemajuan Afghanistan.

Duta Besar Amerika untuk Afghanistan Ryan Crocker menyayangkan ketidakhadiran Pakistan dalam konferensi internasional terkait Afghanistan, Senin mendatang. Namun menuurutnya, hal tersebut tidak akan menghambat kemajuan Afghanistan atau mengubah hasil pertemuan.

Dalam wawancara dengan VOA Siaran Afghanistan hari Sabtu, Ryan Crocker mengatakan jika negara itu memboikot pembicaraan tentang masa depan Afghanistan maka itu akan merugikan Pakistan. Konferensi dijadwalkan akan dimulai hari Senin di Bonn, Jerman.

Para pejabat Pakistan telah berulangkali mengatakan mereka tidak akan ikut serta dalam konferensi di Bonn itu, sebagai protes atas serangan udara NATO akhir bulan lalu yang menewaskan 24 tentara pemerintah di dekat perbatasan Afghanistan.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton hari Sabtu kepada Perdana Menteri Pakistan Yousuf Raza Gilani sekali lagi menyampaikan duka cita kepada keluarga para tentara dan juga rakyat Pakistan. Sebuah pernyataan singkat Departemen Luar Negeri Amerika juga menegaskan kembali rasa hormat Amerika kepada kedaulatan dan komitmen Pakistan untuk bekerjasama dalam mengejar tujuan bersama berdasarkan kepentingan bersama dan saling menghormati.

XS
SM
MD
LG