Tautan-tautan Akses

Presiden Afghanistan Desak Pakistan Hadiri Konferensi Bonn


Presiden Afghanistan, Hamid Karzai mengundang Pakistan agar menghadiri konferensi tentang Afghanistan di Bonn, Jerman.

Presiden Afghanistan, Hamid Karzai mengundang Pakistan agar menghadiri konferensi tentang Afghanistan di Bonn, Jerman.

Sebelumnya, Pakistan mengumumkan tidak akan berpartisipasi dalam konferensi tentang Afghanistan di Bonn, Jerman, sebagai protes serangan udara NATO.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai mendesak Pakistan supaya mengubah pendiriannya tentang pemboikotan konferensi internasional mendatang mengenai masa depan negaranya.

Karzai menelepon Perdana Menteri Pakistan Yousuf Raza Gilani, meminta pemerintah Pakistan menghadiri konferensi hari Senin di Bonn, Jerman. Pemimpin Afghanistan itu juga menyampaikan ucapan belasungkawa atas korban jiwa tentara Pakistan dalam serangan udara NATO minggu lalu.

Selasa pagi, para pejabat Pakistan mengumumkan mereka tidak akan berpartisipasi dalam konferensi Bonn sebagai protes atas serangan udara yang menewaskan 24 tentara Pakistan hari Sabtu lalu di daerah perbatasan dengan Afghanistan. Konferensi itu bertujuan untuk mengembangkan sebuah strategi guna menstabilkan Afghanistan selagi pasukan koalisi ditarik mundur dalam beberapa tahun mendatang.

Pejabat militer Pakistan mengatakan mereka yakin NATO dengan sengaja melancarkan serangan udara itu. Berbicara kepada media hari Selasa, Jenderal Ashfaq Nadeem juga mempertanyakan apakah Islamabad akan berpartisipasi dalam penyelidikan Washington tentang masalah ini.

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan ia berharap Pakistan akan mengubah pendiriannya tentang pemboikotan konferensi itu.

XS
SM
MD
LG