Tautan-tautan Akses

Delegasi ke Konferensi Masa Depan Afghanistan Berdatangan


Menlu Afghanistan Salmai Rassul (kiri) dan Menlu Jerman Guido Westerwelle meninjau gedung yang akan menjadi tempat berlangsungnya konferensi di Bonn, Jerman (3/12).

Menlu Afghanistan Salmai Rassul (kiri) dan Menlu Jerman Guido Westerwelle meninjau gedung yang akan menjadi tempat berlangsungnya konferensi di Bonn, Jerman (3/12).

Wakil-wakil dari sekitar 100 negara dan organisasi internasional diperkirakan akan menghadiri pertemuan di kota Bonn, Jerman.

Delegasi dari seluruh dunia berkumpul di Bonn, Jerman untuk menghadiri konferensi tentang masa depan Afghanistan.

Konferensi, yang dimulai Senin, akan memusatkan pembahasan pada penentuan arah bagi negara yang dilanda perang itu setelah pasukan tempur internasional keluar tahun 2014.

Pembahasan diperkirakan seputar tiga bidang utama termasuk pengalihan tanggungjawab keamanan dari pasukan internasional kepada Afghanistan, rekonsiliasi dengan Taliban, dan prospek jangka panjang bantuan internasional.

Wakil-wakil dari sekitar 100 negara dan organisasi internasional diperkirakan akan menghadiri pertemuan itu, termasuk Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton. Namun, Pakistan, negara penting di kawasan itu, memboikot konferensi sebagai protes atas serangan udara NATO akhir bulan lalu yang menewaskan 24 tentara Pakistan di dekat perbatasan Afghanistan.

Dutabesar Amerika untuk Afghanistan Ryan Crocker mengatakan ketidakhadiran Pakistan akan "disayangkan," tetapi tidak akan menghambat kemajuan Afghanistan atau mengubah hasil pertemuan itu.

Konferensi di Bonn itu berlangsung 10 tahun setelah konferensi sebelumnya, juga di Bonn, di mana para diplomat menunjuk pemerintahan sementara Afghanistan.

XS
SM
MD
LG