Tautan-tautan Akses

Senator Amerika: Hubungan Amerika dengan Pakistan Perlu Ditinjau Ulang


Komisi Angkatan Bersenjata Senat Amerika (dari kiri) : Senator John McCain, Senator Joseph Lieberman, dan Senator Lindsey Graham (foto: dok).

Komisi Angkatan Bersenjata Senat Amerika (dari kiri) : Senator John McCain, Senator Joseph Lieberman, dan Senator Lindsey Graham (foto: dok).

Dua Senator Amerika, John McCain dan Lindsey Graham, menyerukan agar Amerika meninjau kembali hubungan dengan Pakistan, termasuk mempertimbangkan kembali semua bantuan ekonomi dan keamanan.

Senator John McCain dan Lindsey Graham mengatakan dalam pernyataan hari Senin, Amerika telah sangat sabar dalam menghadapi Pakistan. Tetapi keduanya mengatakan, hubungan pada masa depan dengan Pakistan harus berdasar yang disebutnya pemahaman realistis bahwa aksi-aksi militer Pakistan ikut menjadi penyebab kematian dan kecederaan tentara Amerika, dan membahayakan kepentingan keamanan Amerika.

Kedua anggota penting Komisi Angkatan Bersenjata Senat itu menuduh para pejabat militer dan intelijen Pakistan mendukung jaringan Haqqani dan kelompok-kelompok teroris lain.

Pernyataan itu dikeluarkan sementara Pakistan memboikot konferensi internasional mengenai masa depan Afghanistan. Pakistan mengatakan, tidak ikut dalam konferensi yang dihadiri sekitar 100 negara dan organisasi internasional itu, karena serangan udara NATO dari Afghanistan bulan lalu yang menewaskan 24 tentara Pakistan.

XS
SM
MD
LG