Tautan-tautan Akses

Dubes Amerika: Serangan di Afghanistan Tak Akan Picu Konflik Sektarian


Duta Besar Amerika untuk Afghanistan Ryan Crocker dalam konferensi pers di Kabul (10/12).

Duta Besar Amerika untuk Afghanistan Ryan Crocker dalam konferensi pers di Kabul (10/12).

Dubes Ryan Crocker hari Sabtu mengatakan dua serangan maut atas kaum Syiah di Afghanistan tidak akan memicu konflik sektarian.

Duta Besar Amerika untuk Afghanistan Ryan Crocker hari Sabtu mengatakan dua serangan maut minggu ini atas kaum Syiah di Afghanistan tidak akan memicu konflik sektarian di negara itu.

Diplomat veteran itu mengatakan, berdasarkan reaksi dari para pemimpin Syiah yang telah menyerukan ketenangan, ia tidak berpendapat dua serangan itu akan menjadi konflik sektarian.

Dua ledakan, satu di Kabul dan lainnya di kota Mazar-e-Sharif, menewaskan sedikitnya 59 orang hari Selasa pada Hari Ashura, hari tersuci dalam kalender Muslim Syiah.

Crocker mengatakan kedua serangan diatur oleh militan diluar Afghanistan, tetapi ia tidak berwenang untuk mengatakan bahwa bom di Kabul dilakukan kelompok terlarang Lashkar-e-Jhangvi yang berpusat di Pakistan meskipun kelompok itu mengaku bertanggung jawab.

Hari Sabtu, bom yang dipasang disebuah sepeda menewaskan dua orang, termasuk seorang anggota dewan perdamaian Afghanistan, serta melukai 16 lainnya di propinsi Kunduz. Di selatan, bom pinggir jalan menewaskan tiga warga sipil di propinsi Kandahar.

XS
SM
MD
LG