Tautan-tautan Akses

Wapres AS: Tradisi Islam Indonesia Menginspirasi Dunia


Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers bersama Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence di Istana Merdeka Jakarta Kamis, 20 April 2017. (Foto: VOA/Andylala)

Wakil Presiden Michael Richard Pence saat konferensi pers bersama Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta Kamis 20 April 2017 menyebut, tradisi Islam di Indonesia telah menginsipirasi dunia. Mike Pence dalam keterangannya menyatakan kagum dengan Indonesia yang penduduknya mayoritas Muslim.

"Sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, tradisi Islam modern Indonesia menginspirasi dunia," ujar Pence.

Pence juga kagum kepada Indonesia yang mampu menampilkan keberagaman dan persatuan ditengah beragamnya suku, agama dan ras.

"Di negara anda dan saya, ada beragam agama yang memberikan kita harapan untuk masa depan yang lebih cerah dan kami sangat berterima kasih kepada Indonesia yang memberikan inspriasi tersebut kepada dunia," lanjutnya.

Pence juga mengungkapkan bahwa Amerika Serikat menginginkan adanya memperdalam ikatan kultural dengan Indonesia.

"Saya dengan rendah hati memiliki kesempatan untuk mengunjungi masjid nasional Indonesia. Saya tidak sabar menantikan momen tersebut," tambah Pence.

Sementara itu, Presiden Jokowi dalam keterangannya mengatakan, selain peningkatan kerjasama perdagangan, Indonesia dan Amerika juga sepakat untuk menguatkan kerjasama di bidang perdamaian.

"Sebagai negara Muslim terbesar di dunia dan sebagai negara demokrasi terbesar di dunia, kita juga sepakat untuk menguatkan kerjasama di bidang perdamaian," kata Jokowi. [aw]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG