Tautan-tautan Akses

Sejarah VOA

VOA adalah organisasi berita multimedia internasional AS terbesar yang menyediakan konten dalam 45 bahasa di negara-negara dengan kebebasan pers terbatas. Dibentuk pada 1942, VOA berkomitmen menyediakan liputan independen yang lengkap dan menyajikan kebenaran bagi audiensnya. VOA dibiayai penuh oleh pajak warga Amerika sebagai bagian dari U.S. Agency for Global Media (USAGM).

Misi dan independensi editorial VOA dijamin undang-undang yang melindungi jurnalis VOA dari pengaruh, tekanan atau pembalasan dari pejabat pemerintah atau politisi.

Pada 1976, Presiden Gerald R. Ford menandatangani Piagam VOA, yang isinya:

1. VOA menjadi sumber berita andal yang konsisten dan terpercaya. Berita VOA akurat, obyektif dan komprehensif.

2. VOA mewakili Amerika, bukan golongan tertentu saja, dan oleh karena itu akan menyajikan proyeksi menyeluruh dan berimbang dari pemikiran dan tradisi Amerika yang signifikan.

3. VOA menyajikan kebijakan Amerika Serikat secara jelas dan efektif, dan juga menyuguhkan diskusi dan opini yang bertanggung jawab mengenai kebijakan itu.

Pada 1994, Kongres AS mensahkan Undang-Undang Penyiaran Internasional AS. Undang-undang ini juga mewajibkan laporan jurnalis VOA bisa dipercaya, akurat, obyektif, komprehensif, berimbang dan menggambarkan keragaman budaya dan sosial AS.

Pada 2016, Kongres AS sekali lagi menegaskan dalam Undang-undang Otorisasi Pertahanan Nasional bahwa “kegiatan peliputan dan pelaporan berita harus tetap independen dan obyektif.”

Setiap hari, jurnalis VOA bekerja keras untuk menjadi contoh prinsip-prinsip pers bebas bagi dunia.

Sejarah VOA Indonesia

VOA Indonesia mulai mengudara pada tahun 1942, tak lama setelah pemerintah Amerika Serikat mendirikan VOA. Dan sejak itu, VOA Indonesia terus berada di udara. Selama 56 tahun pertama, masyarakat di Indonesia hanya mampu menangkap VOA melalui radio gelombang pendek yang ditransmisikan dari luar Indonesia. Namun sejak era Reformasi yang dimulai tahun 1998, kebebasan pers dan berakhirnya kontrol pemerintah terhadap media massa, memungkinan VOA untuk menempuh strategi afiliasi untuk menyebarluaskan program televisi dan radionya. Kini, VOA memiliki lebih dari 400 afiliasi radio FM di seluruh penjuru Indonesia. Mulai tahun 2000, VOA melebarkan sayapnya dengan memproduksi program-program televisi. Berbagai program televisi VOA dapat disaksikan di sebagian besar stasiun televisi nasional dan lebih dari 30 televisi lokal. VOA juga hadir di dunia digital dengan website yang dinamis dan juga di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan YouTube.

Jangkauan VOA Indonesia
Menurut survei pendengar/pemirsa tahunan terbaru, VOA menjangkau 16,2% populasi dewasa di Indonesia, atau sekitar 26 juta orang.

Staf Kami
Kantor VOA di Washington terdiri dari 36 staf tetap dan 10 pegawai tidak tetap. VOA juga memiliki kantor di Jakarta yang dipimpin satu direktur dan tiga orang staff. Selain itu, VOA juga menerima laporan dari 8 koresponden tetap yang berlokasi di berbagai kota di Indonesia.

Program Reguler
VOA Indonesia memproduksi 3,5 jam siaran televisi per minggu dan hampir 4,9 jam siaran radio per hari.

Program Serial Khusus
Selain program regular, VOA juga memproduksi berbagai serial khusus dalam berbagai topik sepanjang tahunnya.

Program Peristiwa Khusus
VOA Indonesia menyajikan liputan khusus mengenai berbagai peristiwa penting di Amerika.

Internet
Situs http://www.voaindonesia.com
VOA Indonesia tampil dengan desain baru untuk memudahkan pembaca, pendengar dan penonton mencari berita, video dan fitur-fitur lain di situs ini. Situs VOA Indonesia juga menyediakan streaming dan podcast program-program radio dan televisi dan XML/RSS untuk berita-berita kami.

Newsletter Berita Harian
Setiap hari, VOA mengirimkan berita-berita utama hari tersebut melalui surel kepada mereka yang mendaftar untuk berlangganan.

YouTube
Mulai Juli 2009, penonton dapat menyaksikan video-video terbaru VOA di channel VOA Indonesia di YouTube. Ada lebih dari 11.000 video di channel kami. www.youtube.com/voaindonesia

Facebook
VOA Indonesia memiliki situs fan di Facebook bagi para penggemar untuk mendapatkan berbagai update dan berinteraksi dengan VOA. Berbagai program VOA juga memiliki situs fan dan pertemanan masing-masing di Facebook, seperti Dunia Kita, VOA Pop News, VOA Rantau dan Warung VOA. http://www.facebook.com/voaindonesia

Twitter
VOA Indonesia menyajikan rangkuman berita terkini berikut pralaya untuk berita selengkapnya melalui situs Twitter. http://twitter.com/voaindonesia

Instagram
VOA Indonesia menyajikan foto-foto di balik layar, diaspora Indonesia di AS serta foto-foto dari berbagai belahan dunia. http://instagram.com/voaindonesia

VOA

Pentingnya Pers Bebas

XS
SM
MD
LG