Tautan-tautan Akses

Wakil Presiden Amerika Mike Pence tiba di bandara internasional Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu malam (19/4). Pence – yang ditemani istrinya Karen dan kedua putrinya – langsung disambut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri ESDM Ignasius Jonan begitu keluar dari pesawat sekitar jam 23.30 WIB.

Menurut rencana Pence akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah menteri Kamis pagi (20/4), dilanjutkan dengan kunjungan ke Mesjid Istiqlal dan pertemuan dengan sejumlah tokoh lintas agama/keyakinan. Selepas itu Pence akan bertemu Sekjen ASEAN Le Lurong Minh dan beberapa tokoh muda ASEAN, yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan 40 tahun hubungan Amerika-ASEAN.

Pence bersama Jusuf Kalla dijadwalkan menyaksikan penandatanganan beberapa nota kesepahaman (MoU) dan memberi sambutan dalam Pertemuan Bisnis Amerika-Indonesia di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Berbagai isu diperkirakan akan dibahas kedua negara, antara lain soal kerjasama perdagangan dan luar negeri. Belum ada konfirmasi apakah isu Freeport akan termasuk dalam pembicaraan kedua pemimpin.

Pence akan mengakhiri lawatannya ke Indonesia Jumat malam (21/4) dengan melanjutkan perjalanan ke Australia. [em]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG