Tautan-tautan Akses

RI-AS Sepakati Kerjasama Bidang Investasi dan Perdamaian


Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers bersama Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence di Istana Merdeka Jakarta Kamis, 20 April 2017. (Foto: VOA/Andylala)

Presiden Joko Widodo menerima kedatangan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence di Istana Merdeka Jakarta Kamis (20/4). Usai melakukan perbincangan veranda talk di teras belakang Istana Merdeka Jakarta, Presiden Jokowi memberikan keterangan bersama dengan Wapres AS Mike Pence di Istana Merdeka.

Dalam keterangannya Presiden Jokowi mengatakan, merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia menerima kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence. Presiden menambahkan, ini adalah pertemuan pertamanya dengan administrasi Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Donald Trump. Presiden Jokowi menjelaskan, Indonesia dan Amerika Serikat sepakat untuk memperdalam kerjasama di bidang investasi.

"Komitmen Amerika untuk meningkatkan strategic partnership dengan Indonesia akan fokus pada bidang kerjasama investasi. Bulan depan akan ada tim yang membahas mengenai pengaturan perdagangan dan investasi berdasarkan prinsip-prinsip win-win solution," papar Jokowi.

Indonesia dan Amerika lanjut Presiden Jokowi, juga sepakat untuk menguatkan kerjasama di bidang perdamaian.

"Sebagai negara Muslim terbesar di dunia dan sebagai negara demokrasi terbesar di dunia, kita juga sepakat untuk menguatkan kerjasama di bidang perdamaian," imbuhnya.

Terakhir, Presiden Jokowi mengatakan telah menjalin komunikasi melalui telepon dengan Presiden Donald Trump sejak Januari lalu. Presiden dalam kesempatan itu meminta Pence untuk menyampaikan salam kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

"Saya juga menitipkan salam saya kepada Presiden Donald Trump, melalui Wakil Presiden Pence," ujar Jokowi. [aw]

XS
SM
MD
LG