Tautan-tautan Akses

Mike Pence: AS Berkomitmen Perkuat Hubungan Perdagangan dengan Indonesia


Wapres AS Mike Pence (kiri) bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (20/4).

Dalam keterangan pers bersama dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta Kamis (20/4), Wakil Presiden Amerika Serikat Michael Richard Pence menyampaikan komitmen Amerika Serikat untuk memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia.

Kepada Presiden Jokowi, Pence menjelaskan, Pemerintah Amerika Serikat juga ingin ada perluasan hubungan perdagangan dengan Pemerintah Indonesia.

"Presiden Jokowi dan saya berdiskusi. Amerika akan mempererat kerjasama kedua negara di Indonesia. Secara ekonomi, Presiden Trump dan saya berniat memperluas hubungan perdagangan dengan Indonesia. Presiden Jokowi dan saya berdiskusi secara terbuka hari ini," ungkap Pence.

Mike Pence menambahkan, selama ini berbagai perusahaan Amerika telah memperluas bisnisnya di Indonesia. Berbagai produk dan layanan Amerika pun, lanjut Pence, juga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Di bawah pemerintahan Trump, Amerika Serikat ingin hubungan perdagangan dua negara dapat menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi kedua negara. Seperti yang Presiden Jokowi sering katakan, berdasarkan prinsip hubungan win-win solution," tambahnya.

Pence berharap untuk kedepannya, berbagai hambatan perdagangan dari kedua negara segera diselesaikan. Sehingga menurutnya eksportir asal Amerika pun dapat masuk secara penuh ke pasar Indonesia, seperti halnya kemudahan eksportir Indonesia memasarkan produknya ke pasar Amerika.

"Kami yakin harus mengatasi berbagai hambatan untuk memastikan eksportir Amerika dapat berpartisipasi secara penuh di pasar Indonesia. Kebebasan yang sama diperoleh eksportir Indonesia di berbagai sektor di Amerika Serikat," harap Pence. [aw/em]

XS
SM
MD
LG