Tautan-tautan Akses

AS

Trump: Kesepakatan Hampir Tercapai untuk Lindungi Imigran Muda dari Deportasi


Presiden Amerika Donald Trump tiba di Washington dari kunjungan ke Florida, Kamis (14/9).

Presiden Amerika Donald Trump Kamis (14/9) mengatakan, dia sudah hampir mencapai kesepakatan dengan pemimpin-pemimpin Kongres untuk melindungi ratusan ribu imigran muda dari deportasi, bertahun-tahun setelah orang tua mereka secara ilegal berupaya membawa mereka ke AS. Tetapi, persetujuan itu harus juga memuat pengamanan perbatasan besar-besaran.

“Kami sedang menyusun rencana, yang termasuk pengendalian perbatasan secara besar-besaran,” kata Trump ketika akan berangkat ke Florida untuk melihat dari dekat kehancuran yang diakibatkan oleh badai Irma.

Komentar Trump ini datang tidak lama setelah dia mengatakan di Twitter, dia belum mencapai kesepakatan dengan pemimpin di DPR dan Senat sehubungan program DACA, program yang melindungi imigran muda dari deportasi, yang dibatalkan oleh Trump minggu lalu, sementara memberi Kongres enam bulan untuk menyusun UU penggantinya.

Pemimpin fraksi Demokrat di DPR Nancy Pelosi, dan pemimpin Demokrat di Senat Charles Schumer mengatakan, mereka telah setuju untuk segera memberi perlindungan kepada imigran muda yang terdaftar dalam DACA. Rabu malam kedua pemimpin Kongres ini makan malam bersama Donald Trump di Gedung Putih. [jm]

XS
SM
MD
LG