Tautan-tautan Akses

AS

Kongres AS akan Ambil Suara untuk Lindungi Imigran Muda Ilegal dari Deportasi


Presiden Donald Trump yakin Kongres AS akan bertindak untuk melindungi 800.000 imigran muda ilegal (6/9).

Presiden Donald Trump mengatakan, dia yakin Kongres akan bertindak untuk melindungi 800.000 imigran muda yang tidak legal dari ancaman dipulangkan (dideportasi), bahkan setelah dia mengakhiri program yang mencegah mereka dikembalikan ke negara asal mereka.

"Saya benar-benar percaya, Kongres akan menangani situasi ini," kata Trump di atas pesawat Air Force One sebelum ia terbang ke North Dakota untuk berpidato tentang reformasi pajak.

"Saya benar-benar percaya, bahkan anggota Kongres yang sangat konservatif sekalipun."

Trump mengatakan bahwa dia menyampaikan kepada pemimpin kongres di sebuah pertemuan Gedung Putih sebelum meninggalkan Washington, "Jika kita dapat mewujudkan sesuatu, kita akan menandatanganinya dan kita akan membuat banyak orang bahagia."

Trump telah banyak dikritik oleh anggota parlemen dari kubu Demokrat dan beberapa dari Republik, bersama dengan para pemimpin bisnis AS, karena membatalkan program Deferred Action for Childhood Arrivals atau DACA, sebuah program untuk anak-anak imigran gelap dan disusun oleh mantan Presiden Barack Obama sehingga mereka bisa tinggal di AS untuk belajar, bekerja dan berdinas militer.

Ketika membatalkan program tersebut hari Selasa, Trump memberi Kongres enam bulan untuk mencarikan penyelesaian atas masalah tersebut, namun dia mengatakan akan meninjau kembali keputusannya mencabut larangan deportasi itu, jika Kongres tidak berhasil mengatasi masalah ini. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG