Tautan-tautan Akses

AS

Trump, DPR AS Hadapi Ancaman Penutupan Pemerintah


Senator Lindsey Graham (tengah) memberikan penjelasan kepada media mengenai kemajuan dalam pembahasan anggaran pemerintah federal di Capitol Hill, Washington DC, Kamis (18/1).

Anggota Partai Republik berencana untuk mengadakan pemungutan suara anggaran sementara agar pemerintah Amerika tetap buka setelah batas waktu Jumat (19/1) tengah malam.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump hari Kamis (18/1) membuat orang meragukan pemungutan suara itu dengan sebuah tweet yang mengindikasikan tentangannya terhadap bagian dari rencana itu, tapi Ketua DPR Paul Ryan kemudian mengatakan upaya jangka pendek tersebut mendapat dukungan presiden.

"Saya tidak melihat apa yang ia tulis, tapi ia mendukung sepenuhnya apa yang kita bahas hari ini," kata Ryan kepada wartawan.

Dana bagi kantor-kantor pemerintah habis hari Jumat, tapi Gedung Putih dan anggota DPR belum mencapai kesepakatan mengenai besarnya anggaran sementara satu bulan yang merupakan keempat dalam beberapa bulan terakhir ataupun anggaran sampai akhir tahun fiskal 2018 tanggal 30 September nanti.

Para pemimpin Partai Republik di Kongres, meskipun menguasai Senat dan DPR kesulitan untuk mengumpulkan dukungan bagi anggaran satu bulan untuk memperpanjang pendanaan kegiatan pemerintah sampai 16 Februari. Mereka menghadapi tentangan dari pihak Republik konservatif yang menginginkan anggaran lebih besar bagi program pertahanan dan beberapa anggota parlemen yang enggan mendukung kembali undang-undang pendanaan sementara.

Hari Kamis, Trump mentweet tentangannya pada bagian paket yang akan memperpanjang program asuransi kesehatan anak-anak selama enam tahun yang menjadi prioritas anggota DPR Partai Demokrat. Para pemimpin Partai Republik berharap bisa memenangkan beberapa suara Partai Demokrat untuk paket anggaran secara keseluruhan dengan memasukkan asuransi kesehatan untuk mengimbangi suara Partai Republik yang mungkin hilang.

Trump di Twitter mengatakan ia menentang dimasukkannya puluhan miliar dolar program asuransi kesehatan dalam anggaran jangka pendek. Ia mengatakan asuransi kesehatan anak-anak (CHIP) "harus menjadi bagian dari solusi jangka panjang."

"Presiden suka melakukan hal-hal dengan cara yang tidak konvensional dan ia melakukan dengan teleponnya. Tapi sebenarnya ia sangat membantu anggota kami," komentar Ryan. [my/ii]

XS
SM
MD
LG