Tautan-tautan Akses

AS

Trump Bersikeras Rencana Tembok Perbatasan Tidak Pernah Berubah


Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara dalam wawancara dengan Reuters di Gedung Putih, Washington, AS, 17 Januari 2018.

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan rencananya mengenai tembok kontroversial di sepanjang perbatasan dengan Meksiko tidak pernah berubah atau berevolusi sejak hari pertama ia memikirkannya. Ia mengatakan demikian setelah kepala staf Gedung Putih, John Kelly mengatakan Trump “kurang informasi” sewaktu berjanji akan membangunnya.

Trump, melalui cuitan di Twitter hari Kamis, (18/1) mengatakan, beberapa bagian tembok itu tak terelakkan lagi akan transparan, dan tembok ini tidak pernah direncanakan akan dibangun di daerah-daerah di mana terdapat cagar alam.

Pemimpin Amerika itu mengemukakan komentarnya mengenai pembangunan tembok, yang mungkin merupakan janjinya yang paling populer semasa kampanye kepresidenan tahun 2016, sementara Gedung Putih dan Kongres menghadapi tenggat Jumat tengah malam untuk memperpanjang pendanaan bagi badan-badan pemerintah.

Dana pembangunan tembok dan perlindungan dari deportasi terhadap 800 ribu imigran muda yang dibawa masuk Amerika secara ilegal semasa mereka anak-anak, merupakan bagian dari perdebatan sengit di Washington mengenai anggaran belanja baru untuk menghindari penutupan sebagian kegiatan pemerintah.

Trump mengatakan bahwa penutupan kegiatan pemerintah akan menghancurkan militer Amerika, suatu hal yang ia sebut sedikit sekali dipedulikan para anggota Demokrat.

Ia mengatakan tembok itu akan dibayar Meksiko, secara langsung atau tidak, atau melalui pembayaran jangka panjang. Meksiko sebelumnya telah menyatakan tidak akan membayar pembangunan tembok perbatasan apapun.

Trump mengaitkan tembok tersebut dengan surplus perdagangan Meksiko dengan Amerika yang mencapai 71 miliar dolar, meskipun perdagangan itu adalah antara pengusaha, bukan langsung oleh pemerintah. Ia mengatakan 20 miliar dolar hanyalah sebagian kecil daripada apa yang diperoleh Meksiko dari Amerika, berdasarkan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara yang juga mencakup Canada. [uh]

XS
SM
MD
LG