Tautan-tautan Akses

AS

Trump Tandatangani UU Cegah Penutupan Pemerintah Federal


Presiden Donald Trump dan Wapres Mike Pence, bertemu para pemimpin Kongres AS di Gedung Putih untuk membahas anggaran belanja pemerintah federal, Kamis (7/12).

Presiden AS Donald Trump hari Jumat (8/12) menandatangani undang-undang pendanaan darurat, mencegah penutupan pemerintah federal selama paling tidak dua minggu.

Undang-undang darurat itu memberikan waktu kepada Kongres dan Gedung Putih hingga tanggal 22 Desember untuk merampungkan rencana pendanaan jangka panjang.

Fraksi Demokrat berkeras bahwa undang-undang anggaran harus mencakup undang-undang untuk memungkinkan para ‘pemimpi’ terus bekerja dan belajar di Amerika. Mereka itu adalah sekitar 800 ribu imigran tanpa dokumen yang dibawa ke Amerika secara ilegal selagi mereka masih anak-anak.

Trump telah menandatangani perintah eksekutif mencabut perlindungan dari deportasi untuk para ‘pemimpi.’ Ia memberikan waktu kepada Kongres hingga bulan Maret untuk menemukan rencana yang lebih baik.

Sebelum DPR dan Senat melalui pemungutan suara mendukung rancangan undang-undang pendanaan darurat itu, para pemimpin Demokrat melakukan pertemuan dengan Trump di Gedung Putih, yang tampaknya berlangsung dengan ramah. [ds]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG