Tautan-tautan Akses

AS

Pertikaian Kongres Meruncing, Meski Operasi Pemerintah AS Terancam Terhenti


Pemandangan Gedung Capitol di Washington, 5 Desember 2017.

Meski ancaman penutupan operasi pemerintah membayang-bayangi, anggota Kongres dari Partai Republik dan Partai Demokrat bertikai seputar prioritas masing-masing, mulai dari imigrasi hingga belanja pertahanan. Pertikaian ini bisa berakibat kegagalan perpanjangan pendanaan federal.

Sementara batas waktu berakhirnya otoritas belanja pemerintah makin dekat, yakni Jumat tengah malam, Kongres masih berdebat sengit seputar berbagai usulan untuk melindungi sekitar 700 ribu imigran muda yang datang ke Amerika sebagai anak-anak.

Demokrat dalam jumlah makin besar bersatu untuk menuntut agar klausul perlindungan bagi imigran yang masuk dalam daftar program DACA, dimasukkan dalam anggaran pengeluaran pemerintah jangka pendek.

“Saya tidak akan memberikan suara bagi perpanjangan pendanaan pemerintah, apabila RUU ini tidak memasukkan koreksi atas DACA, dan saya yakin rekan-rekan Demokrat saya lainnya di DPR sama pendapatnya,” kata anggota DPR Judy Chu, dari Partai Demokrat kepada para wartawan, setelah terjadi pertemuan kaukus Hispanik dengan Kepala Staf Gedung Putih, John Kelly. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG