Tautan-tautan Akses

AS

Sanders-Buttigieg Unggul dalam Nominasi Partai Demokrat


Mantan Walikota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg (kiri) dan Senator Vermont Bernie Sanders berjabat tangan sebelum debat Capres Partai Demokrat 7 Februari lalu.

Persaingan untuk nominasi presiden Partai Demokrat tahun 2020 dimulai dengan cepat tetapi tidak pasti, dengan jumlah pemilih yang besar dalam dua pemilihan yang dikuasai Senator Vermont Bernie Sanders dan mantan Walikota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg.

Buttigieg memenangi hampir semua delegasi dalam pemilihan kaukus Iowa sedangkan Sanders menang dalam persaingan ketat dengan Buttigieg dalam pemilihan pendahuluan di New Hampshire.

Sanders, kandidat beraliran progresif, mendapat tantangan kuat dari beberapa pesaing moderat dalam apa yang diyakini para pakar sebagai persaingan panjang sebelum penetapan nominasi.

Pemilihan kini menuju Nevada untuk kaukus pada 22 Februari dan ke South Carolina untuk pemilihan pendahuluan pada 29 Februari. Pemilih di kedua negara bagian itu lebih beragam daripada di Iowa dan New Hampshire. Pemilih berdarah Amerika Latin akan memberikan suara dalam jumlah yang besar di Nevada sedangkan salah satu konstituensi Partai Demokrat yang paling bisa diandalkan, kulit hitam Amerika, akhirnya akan mendapat kesempatan ikut dalam pemilihan di South Carolina.[ka/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG