Tautan-tautan Akses

Tujuh Kandidat Demokrat Siap Berdebat di New Hampshire


Calon-calon presiden dari Partai Demokrat di Otterbein University di Westerville, Ohio pada 15 Oktober 2019. (Foto: AFP/Nicholas Kamm)
Calon-calon presiden dari Partai Demokrat di Otterbein University di Westerville, Ohio pada 15 Oktober 2019. (Foto: AFP/Nicholas Kamm)

Setelah melewati kaukus Iowa yang kacau pada pekan ini, tujuh kandidat dari Partai Demokrat akan berdebat di New Hampshire pada Jumat malam. Debat tersebut memanfaatkan momentum kemenangan yang diraih atau berusaha bangkit kembali setelah sebuah permulaan yang mengecewakan di Iowa.

Mereka yang akan berada di panggung Manchester, New Hampshire, mempersiapkan diri untuk pemilihan primary pada Selasa (11/2/2020). Setelah sebelumnya melakukan kampanye tanpa masukan dari pemilih, persaingan nominasi ini serasa dipercepat dengan kontes nominasi di empat negara bagian pada Februari, dan 14 lagi pada Selasa pertama bulan Maret.

Senator Bernie Sanders dan mantan walikota South Bend, Pete Buttigieg, memiliki momentum terbesar saat ini. Buttigieg meraih delegasi terbanyak, dan Sanders memenangkan jumlah suara terbanyak dalam kaukus Iowa.

Sanders, yang mewakili Vermont yang bersebelahan dengan New Hamphire adalah kandidat favorit di New Hampshire. Dia menyebut dirinya seorang sosialis demokratik, dan mengecam Buttigieg karena menerima sumbangan dari para miliarder.

Partai Demokrat secara resmi akan menunjuk kandidat presiden partai pada sebuah konvensi partai di Wisconsin pada Juli. [jm/pp]

XS
SM
MD
LG