Tautan-tautan Akses

AS

Kandidat Capres Demokrat Berusaha Bangun Momentum di New Hampshire


Kandidat capres partai Demokrat AS, dari kiri: Pete Buttigieg, Sen. Bernie Sanders, Joe Biden, Elizabeth Warren, dan Amy Klobuchar, di Saint Anselm College, Manchester, New Hampshire, 7 Februari 2020. (Foto: dok).

Para pemilih di negara bagian New Hampshire, Selasa (11/2), telah mulai memberikan suara mereka pada pemilihan pendahuluan Partai Demokrat, sementara para kandidat calon presiden dari partai itu berusaha membangun momentum dalam usaha mereka memperebutkan posisi calon presiden yang akan berhadapan dengan Presiden Donald Trump pada pemilu November mendatang.

Selepas tengah malam, para pemilih di kota sangat kecil Dixville Notch menjadi yang pertama kali menjatuhkan pilihan mereka di negara bagian itu. Wali Kota New York Michael Bloomberg memperoleh dua suara, diikuti oleh masing-masing satu suara untuk Senator Bernie Sanders dan mantan Wali Kota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg.

TPS-TPS di kebanyakan tempat baru akan dibuka pada Selasa pagi (11/2) dan hasil perhitungan kemungkinan akan diumumkan Selasa malam.

Kontes di New Hampshire menjadi sorotan tajam setelah kekacauan mewarnai kaukus Iowa pekan lalu. Hasil kaukus itu diumumkan sangat terlambat karenat persoalan teknis terkait kekeliruan pada aplikasi yang digunakan dalam menghitung suara, dan menunjukkan begitu terpecahnya Partai Demokrat. Pada akhirnya, Buttigieg mengalahkan Sanders di Iowa.

Jajak-jajak pendapat pra-pemilihan pendahuluan menunjukkan, Sanders unggul atas Buttigieg di New Hampshire. Tiga pesaing lainnya, mantan wakil presiden Joe Biden, Senator Massachussetts Elizabeth Warren dan Senator MinnesotaAmy Klobuchar juga mengharapkan hasil yang baik di New Hampshire setelah tertinggal di Iowa. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG