Tautan-tautan Akses

AS

Sanders Menang Tipis dari Buttigieg di New Hampshire


Senator Vermont Bernie Sanders pada malam pemilihan pendahuluan di Manchester, New Hampshire, 11 Februari 2020.

Senator Vermont Bernie Sanders memenangkan pemilihan pendahuluan di New Hampshire, sementara persaingan merebut posisi bakal calon presiden partai itu yang akan berhadapan dengan Presiden Donald Trump November mendatang semakin terfokus setelah berbulan-bulan terkesan tak menentu karena terlalu banyaknya peserta.

Sanders meraih 26 persen suara, mengalahkan mantan walikota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg yang merebut 24 persen.

Sanders menyebut perolehan suaranya sebagai kemenangan besar sewaktu berpidato di hadapan para pendukungnya di Manchester, dan meramalkan bahwa partainya pada akhirnya akan bersatu menggalang usaha penting untuk mendongkel Trump.

Menurut Sanders, kampanye tidak hanya mengenai usaha mengalahkan Trump, tapi juga mentransformasi negara, mengenai bagaimana membangun keberanian untuk menghadapi Wall Street, perusahaan-perusahaan asuransi, perusahaan-perusahaan obat, industri bahan bakar fosil dan kompleks industri militer.

Buttigieg juga bersumpah akan menyatukan Partai Demokrat. Ia mengatakan, pada saat ini rakyat Amerika dihadapkan pada fakta apakah akan melakukan revolusi atau memilih status quo, namun tidak semua orang menyukai visi tersebut. Ia mengatakan kepada para pendukungnya, “Kita tidak bisa mengalahkan presiden yang paling memecah belah dalam sejarah Amerika dengan membungkam mereka yang tidak 100 persen setuju dengan kita.”

Senator Minnesota Amy Klobuchar membuat kejutan di New Hampshire. Ia meraih posisi ke-tiga secara meyakinkan, denagn perolehan suara 20 persen, di atas Senator Massachusetts Elizabeth Waren dan mantan wakil presiden Joe Biden yang masing-masing hanya memetik 9 dan 8 persen suara. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG