Tautan-tautan Akses

Mantan Perawat Stephen Hawking Dilarang Praktik


Mendiang fisikawan ternama Stephen Hawking (foto: ilustrasi).

Pihak berwenang Inggris telah melarang mantan perawat Stephen Hawking menjalankan praktik medis setelah menyatakan perempuan itu tidak memberikan perawatan yang sepatutnya kepada mendiang fisikawan itu.

Dewan Keperawatan dan Kebidanan Inggris, Selasa (12/3), mengatakan, Patricia Dowdy gagal memberikan layanan perawatan profesional yang memenuhi standar organisasi itu, dan yang berhak diperoleh Profesor Hawking. Atas alasan itu pula, dewan tersebut melarang Dowdy menjalankan praktek medis.

Dewan itu mengatakan, Dowdy menghadapi berbagai dakwaan, termasuk pelanggaran finansial, berbohong, tidak menyediakan perawatan medis sepatutnya dan tidak menunjukkan niat berkerjasama penuh dengan dewan tersebut dalam penyelidikan terkait kematian Hawking.

Juru bicara dewan itu Matthew McClelland mengatakan, tindakan yang diambil dewan tersebut sesuai dengan tuntutan maasyarakat atas kasus-kasus serius.

Hawking adalah fisikawan teoretis, kosmologi, pengarang, dan mantan Direktur Penelitian Pusat Kosmologi Teoritis di Universitas Cambridge. Karya-karya ilmiahnya meliputi kolaborasi bersama Roger Penrose tentang teorema singularitas gravitasi dalam kerangka relativitas umum dan prediksi teori bahwa lubang hitam mengeluarkan radiasi (atau biasa disebut radiasi Hawking). Hawking dikenal sebagi orang pertama yang memaparkan teori kosmologi yang dijelaskan dengan menggabungkan teori relativitas umum dan mekanika kuantum.

Hawking mengalami gangguan saraf motorik yang dikenal sebagai penyakit Lou Gehrig. Penyakit itu melumpuhkan tubuhnya secara perlahan selama puluhan tahun. Hampir sepanjang hidupnya, ia berkomunikasi menggunakan satu otot pipi yang tersambung dengan alat bicara. Hawking meninggal dunia tanggal 14 Maret 2018 pada usia 76 tahun. (ab)

Recommended

XS
SM
MD
LG