Tautan-tautan Akses

Inggris Tawarkan Beasiswa Stephen Hawking


Dalam foto arsip, Professor Stephen Hawking pada saat menghadiri acara "Interstellar Live" di Royal Albert Hall di London, 30 Maret 2015. Hawking wafat 14 Maret 2018, dalam usia 76 tahun.

Pemerintah Inggris memberikan kesempatan kepada para mahasiswa berprestasi di bidang Matematika dan Fisika untuk bersaing mendapatkan beasiswa riset, AFP melaporkan, Senin (11/6/2018). Beasiswa riset itu untuk menghormati fisikawan Stephen Hawking yang wafat pada Maret lalu.

Setiap tahunnya, ada 10 beasiswa untuk lima tahun mendatang yang diberikan kepada para kandidat yang menyelesaikan studi doktoral bidang matematika, fisika dan ilmu komputer, menurut Kementerian Bisnis, Energi dan Strategi Industri.

Sebanyak 50 penerima beasiswa akan menerima bantuan keuangan untuk meneruskan pekerjaan mereka di lembaga-lembaga di Inggris hingga tiga tahun.

Beasiswa “Stephen Hawking Fellowship” dibuat untuk menindaklanjuti pembahasan dengan keluarganya, kata Menteri Sains Sam Gyimah.

Anak-anak Hawking, Robert, Luci dan Tim Hawking mengatakan mereka “senang” dengan langkah itu dan ayah mereka “tahu nilai yang bisa ditawarkan oleh beasiswa tersebut untuk memajukan riset.” [ft/au]

XS
SM
MD
LG