Tautan-tautan Akses

Suara Stephen Hawking akan Dipancarkan ke Luar Angkasa


Stephen Hawking saat menghadiri penayangan perdana firlm "The Theory of Everything," sebuah film yang dibuat berdasarkan kisah hidupnya, di London, 9 Desember 2014.

Suara Stephen Hawking akan dipancarkan ke luar angkasa sebagai pesan perdamaian dan harapan Jumat (15/6/2018), pada saat misa persemayaman fisikawan Inggris itu di Westminster Abbey, Reuters melaporkan.

Abu fisikawan paling terkenal di dunia, yang meninggal pada Maret lalu dalam usia 76 tahun, akan dikebumikan di antara ilmuwan Inggris terkemuka lainnya, yaitu Isaac Newton dan Charles Darwin, di Westminster Abbey. Semasa hidupnya, Hawking meneliti asal muasal alam semesta, misteri lubang hitam dan sifat dari waktu.

“Suaranya dipancarkan ke arah lubang hitam terdekat, 1A 0620-00, yang terdapat di sebuah sistem bintang biner dengan sejumlah bintang katai oranye,” kata anak perempuan Hawking, Lucy Hawking, kepada BBC seperti dikutip Reuters.

"Suaranya akan berisi pesan perdamaian dan harapan, tentang persatuan dan kebutuhan bagi kita untuk hidup bersama dalam harmoni di planet ini."

Sekitar 1.000 anggota masyarakat umum, yang dipilih melalui surat suara, akan bergabung dengan keluarga Hawking dalam upacara tersebut. Suara Hawking akan dikirim ke luar angkasa oleh Badan Luar Angkasa Eropa. [ft]

XS
SM
MD
LG