Tautan-tautan Akses

Christie’s akan Lelang Barang-barang Hawking


Buku "A Brief History of Time" dan manuskrip Stephen Hawking, termasuk dalam daftar barang-barang pribadi milik ilmuwan ikonik yang akan dilelang di Christie's, rumah lelang terkenal in London, 19 Oktober 2018. (Foto: dok).

Sebagian barang milik mendiang fisikawan Stephen Hawking akan dimasukkan dalam lelang mendatang di Christie's, rumah lelang terkenal.

Termasuk di antara barang-barang milik ilmuwan ikonik itu adalah salah satu kursi rodanya, satu dari lima salinan disertasi doktor di Universitas Cambridge, “Properties of Expanding Universes,” dan naskah dari salah satu penampilannya dalam acara televisi “The Simpsons.”

Pada usia 22, Hawking didiagnosis terkena amyotrophic lateral sclerosis, atau ALS, tepat ketika ia memulai penelitian untuk gelar doktornya di Cambridge.

Thomas Venning, kepala bagian urusan buku dan manuskrip di Christie's, mengatakan Hawking sangat sedih dengan diagnosis itu sehingga dia “menghentikan studinya untuk sementara waktu.”

Namun, Hawking kemudian kembali kuliah, kata Venning, dan disertasinya “merupakan buah dari kembalinya ke karya ilmiah.” Hawking mempertahankan desertasinya selama hidupnya, menurut Venning.

Hawking, salah seorang dari sedikit ilmuwan yang telah mencapai status selebritas. Dia mungkin terkenal karena bukunya yang terlaris “A History of Time” (“Sejarah Waktu”) dan untuk penampilannya dalam acara televisi “The Simpsons.”

Putrinya, Lucy, mengatakan lelang itu memberikan kesempatan kepada para pengagum karya Hawking untuk mendapatkan kenang-kenangan kehidupan luar biasa ayahnya dalam bentuk barang-barang kecil yang menggugah dan menarik.

Anak-anak fisikawan itu berharap untuk melestarikan arsip ilmiahnya.

Hawking meninggal pada bulan Maret lalu dalam usia 76 tahun. [lt]

XS
SM
MD
LG