Tautan-tautan Akses

Covid-19 Terus Merebak; Dipimpin AS, Disusul Brazil dan India


Petugas kesehatan di Rumah Sakit Regional Fountain Valley mengadakan rapat umum di luar rumah sakit mereka selama wabah penyakit virus Covid-19 di Fountain Valley, California, AS, 6 Agustus 2020. (Photo: REUTERS/Mike Blake)

Jumlah penderita Covid-19 di seluruh dunia terus meningkat dan mencatat lebih dari 19,2 juta orang, menurut data dari Johns Hopkins University.

Penderita virus corona di Amerika tercatat menduduki peringkat paling tinggi dengan 4,9 juta orang, disusul oleh Brazil, hampir tiga juta dan India, dua juta orang.

Gubernur negara bagian New York Andrew Cuomo mengatakan hari Jumat (7/8), ia mengizinkan murid sekolah di negara bagian itu kembali ke sekolah pada permulaan tahun ajaran baru karena usaha membendung perebakan virus corona tampaknya berhasil.

Keputusan Cuomo itu akan memungkinkan sebagian murid kembali ke sekolah dengan memakai masker untuk beberapa hari dan sisanya belajar dari rumah.

Kota-kota besar di Amerika seperti Chicago, Houston, Los Angeles dan Miami juga akan memulai tahun ajaran baru dimana para murid akan belajar dari rumah dengan menggunakan komputer.

Sebuah sekolah di negara bagian Georgia mencabut penskoran seorang siswa sekolah menengah yang memasang foto secara online yang menunjukkan kerumunan pelajar di lorong-lorong sekolah tanpa menggunakan masker. Siswa itu tadinya dihukum karena memasang foto itu tapi kemudian diizinkan kembali ke sekolah setelah kasusnya dilaporkan secara luas dalam media.

Hari Kamis (6/8), Departemen Luar Negeri Amerika telah mencabut seruan bagi warga Amerika untuk tidak bepergian ke luar negeri dan menggantinya dengan sejumlah peringatan supaya jangan pergi ke negara-negara tertentu saja. [ii/pp]

XS
SM
MD
LG