Tautan-tautan Akses

India Catat 2 Juta Kasus Covid-19, Laju Peningkatan Kasus Tercepat di Dunia


Petugas kesehatan memeriksa orang-orang bergejala Covid-19 di sebuah bangunan tempat tinggal di Dharavi, salah satu daerah kumuh terbesar di Asia, di Mumbai, India, Jumat, 7 Agustus 2020.

Dengan tingkat pertumbuhan kasus Covid-19 tercepat di dunia, India kini telah mencatat lebih dari 2 juta kasus virus corona. Para pakar kesehatan masyarakat memperingatkan bahwa pandemi di negara berpenduduk terbanyak kedua di dunia itu tidak akan mereda dalam waktu dekat.

Catatan suram itu muncul sementara puluhan ribu pekerja kesehatan masyarakat melancarkan aksi mogok dua hari, menuntut pembayaran yang lebih baik dan menyatakan mereka tidak diperlengkapi dengan memadai dalam menangani virus corona yang sangat menular itu.

Pakar virus Shahid Jameel mengatakan, dengan tingkat pertumbuhan harian empat persen, jumlah satu juta kasus akan melonjak menjadi dua juta kasus dalam tiga pekan. “Laju peningkatan kasus di India benar-benar mengkhawatirkan,” ujarnya.

Dua negara lain yang telah melewati angka dua juta kasus adalah AS dan Brazil. Jumlah kasus virus corona di India kini tercatat mendekati 2,03 juta orang, sebut kementerian kesehatan.

Pandemi ini meningkat di India sejak Juni, sewaktu pihak berwenang mencabut PSBB ketat untuk memulai kembali perekonomian yang terpukul. Dan sementara kota-kota besar seperti New Delhi dan Mumbai kini menunjukkan tren penurunan, penularan semakin cepat di beberapa negara bagian seperti Andhra Pradesh, Bihar dan Orissa, di mana prasarana kesehatan tidak memadai. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG