Tautan-tautan Akses

AS

Trump Kaitkan Vaksin Covid-19 dengan Pemilihan November 


Presiden Donald Trump memberikan sambutan saat berada di bandara Burke Lakefront di Cleveland, Ohio, 6 Agustus 2020. (AP Photo/Susan Walsh)

Presiden AS Donald Trump memperkirakan vaksin Covid-19 mungkin siap sebelum pemilihan umum tahun ini, kurang dari 90 hari lagi.

“Saya optimis bahwa vaksin itu mungkin akan siap sekitar tanggal itu,” kata Trump kepada para wartawan di Gedung Putih, Kamis (6/8).

“Tidak akan ada salahnya” memiliki vaksin sebelum hari pemilihan 3 November. Saya melakukannya bukan untuk pemilihan. Saya ingin cepat karena saya ingin menyelamatkan banyak nyawa.”

Namun, komunitas ilmiah, termasuk ahli penyakit menular terkemuka seperti Dr. Anthony Fauci, yang merupakan anggota gugus tugas virus corona Gedung Putih, memperkirakan bahwa tidak satu pun dari sekian banyak bakal vaksin yang sekarang sedang diuji coba pada manusia akan siap sampai akhir tahun, atau awal 2021.

Trump berbicara tentang vaksin dan perawatan terapeutik untuk pasien Covid-19 itu ketika dia berangkat ke negara bagian Ohio yang sangat penting dalam pemilihan, di mana jajak pendapat menunjukkan popularitasnya imbang dengan calon Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden.

“Kita akan menang lebih besar di Ohio daripada empat tahun lalu,” kata Trump, ketika berbicara kepada sekelompok pendukungnya setibanya di Cleveland, Kamis.

“Dia menentang Tuhan. Dia menentang senjata,” kata Trump tentang Biden. “Saya rasa dia tidak akan berhasil di Ohio,” tambahnya.

Sejauh ini belum pernah ada kandidat Partai Republik yang bisa memenangkan pemilihan presiden, atau pemilihan kembali, tanpa memenangkan Ohio. Trump, pada tahun 2016, merebut hampir 52 persen suara di negara bagian itu melawan calon dari Partai Demokrat Hillary Clinton. [lt/jm]

XS
SM
MD
LG